Oleh: azizyhoree | April 9, 2014

jikalau vakum fuel valve rusak pada sepeda motor karburator


Pada sepeda motor karbu jaman dulu  fuel valve masih dalam bentuk kran manual , namun di era terakhir  motor karburator sebelum era injeksi , penggunaan kran bensin menggunakan vakum fuel valve dimana bensin dari tangki akan mengalir hanya jika mesin menyala atau membran vakum valve tersedot oleh kevakuman mesin sepeda motor

20111109-selang_1

pengaplikasian model vakum ditujukan agar memastikan bensin hanya mengalir saat mesin membutuhkan suplay bahan bakar , nahh bagaimana jika vakum fuel valve tersebut rusak atau jebol?    tak ubahnya selang bensin tanpa kran , maka bensin dari tangki akan langsung menuju karburator , yang artinya buka tutup aliran hanya diatasi oleh jarum pelampung karburator …   akibatnya jarum pelampung karburator bekerja ekstra keras yang rawan aus  & menyebabkan karburator suka banjir  atau saat motor parkir kadang suka netes & tau tau bensin berkurang

images (2)

ciri ciri kran bensin model vakum rusak sebenarnya sangat mudah dideteksi , ketika motor sedang diservis saat pembongkaran karburator perhatikan selang bensin menuju karburator saat dilepas , normalnya selang bensin hanya mengucur sebentar kemudian aliran bensin dari selang berhenti karena tidak ada kevakuman dari mesin ,   nahhhh  jika selang bensin mengucur terus menerus pertanda fuel valve rusak atau jebol membrannya (sebenernya bisa dideteksi lagi bisa karena membran kotor terganjal endapan kotoran bensin , bisa juga memang sudah jebol & minta di ganti ,  bisa di cek  lubang input kran bensin jika di tiup harus nya mampet saat normal & baru bisa di tiup saat lubang saluran vakum di hisap )

DSC03932

jika kerusakan valve ini sudah merembet ke jarum pelampung karburator efek peaktis selain karburator banjir , biasanya ada juga gejala  mesin  susah di starter setiap kali sehabis di parkir lama , ruang bakar sering basah  dan sebagainya …… apalagi kalau motor laki / sport ber tangki besar  kalau fuel valve jebol  aliran bensin menuju karburator lebih besar karena kapasitas tangki juga besar

nahhh monggo di check kesehatan fuel valve sepeda motor karbu sampean mas bro 😀

 

*gambar 1 & 2 from otomotif.net & google

salam from warung DOHC, Wassalamu’Alaykum


Responses

  1. regane pironan kui lek

    • murahhhhhhh kene tuku roaku *mbathi sithik wae asal akehh wkwkw 😆

      • barang apa masih ada pak?

  2. wah info joss mass…. karbu-mania nih….. 😀

    email ane di bales ya…

    • udah dibales mas tadi & kemaren kejaring spam hehehe

      • tadi udah saya bales lagi mas, nungguin balesannya nih… hehehee

  3. Pertamaxkah?

  4. Kalah karo ipan.ya sudahlah.

    • sing penting ora kalah karo bojomu lik wakakaka 😆

  5. Sip pakdhe
    http://78deka.wordpress.com/2014/04/09/berkenalan-dengan-honda-cb-650f/

  6. jos

    • gambar no 1 pinjam montornya fby katanya xixixi 😆

  7. nah jika vakum fuel rusak pada dompet gimana cara perbaikannya maz :mrgreen:

    • whaaaa beli obat nabung mas atau obat utangan :mrgreen:

      • wkwkwkwow…

  8. Wah joss, nais inpoh, nuwun mas bro dah share..

    • sami sami om cuma berbagi cerita saja 😀

  9. wowww ngebut biar dibaca siska kalau Aziz aktif 😛

    http://kobayogas.com/2014/04/09/indikasi-positif-dari-kawasaki-indonesia/

  10. pernah kejadian di vega 1999 ane. udah lama sih mas aziz.. karena pernah kehabisan bensin jadi membran vakumnya sobek. karbu ga banjir tapi malah ga mau ngocor. karena isepan piston ga narik bensin. pompa vakumnya ganti langsung joss lagi.. sampai sekarang masih awet gada masalah..

    • whaaaaaa kalau ga mau ngocor itu mah efek praktis yang bikin dorong dorong motor mas xixixi

  11. Tornado dirumah pernah mengalami bocor kayak gini,beberapa kali ganti kran akhirnya saya ganti pake kran kecil,tinggal potong selang bensin dan pasang beres

  12. NF 125 yang sudah “berumur” sering mengalami hal ini 🙂

  13. Kemaren saya nemu bengkel pinggir jalan yg kayanya mekaniknya bagus. Motor langsung saya bawa servis disitu. Langsung saya sampein keluhan, kenapa motor saya kok mendadak jadi boros BBM. Yang biasanya seliter buat 45-50km, kok ini jadi cuma 35km. Setelah diperiksa, ternyata membran yg ada di karbu ngga ada alias hilang. Kayanya gara2 mekanik yg di bengkel sebelumnya buru2 jadi lupa masang membran lagi (wajar sih, soalnya cuma berbentuk plat tipis kayak seng dan ukurannya kecil). Berhubung partsnya ngga ada (nyari dimana2 ngga ada), jadi kepaksa untuk sementara diakalin pake membran bekas motor laen….

  14. temanya favorit neh.. troubleshooting mtor selalu menarik

    http://masdaniblog.wordpress.com/2014/04/09/terongku-sayang-mawarku-sayang/

  15. MAAF OOT.

    Salam West Prog DOHC mas Aziz, hhehee…..

    nitip jemuran…
    http://arrayprojects.wordpress.com/2014/04/09/akhir-hayat-sang-perancang-mv-agusta-f4-massimo-tamburini/

  16. joss.. bngkel jnengan di mana mas aziz?

  17. ketoke aku wis komen ning kene..po ra kekirim yo.. wakakakak.. angel je komen nggo hp.. :mrgreen:
    saiki tricolore enak banget mas..maturnuwun.. 😀

  18. […] waras, kalo nggak, ya itu karbu kebanjiran bensin dan gampang macet motornya.. 😐 sampe dibikin artikel di warungdohc pas ini.. […]

  19. itu letake di sebelah mana to mas?? kayake supra si nyonya juga gitu…

    • sebelah kiri body cover bawah jok mas 😀

      • berarti deket tangki ya?

  20. […] restorasi selanjutnya si bebek 3 warna ini  ganti   kran bensin vakum , karena sudah jebol & bisa menimbulkan kencing bensin dikala parkir  :mrgreen:    ,  pakai subtitusi dari suzuki smash , artikelnya pernah saya tulis —>  Disini […]

  21. Infirmasinya berguna bang

    Makasih informasinya

  22. info bermanfaat,, hampir aja ane percaya disuruh ganti vakum tangki buat ngatasin mesin motor yg susah hidup kalo dingin,,,,

    tadi pas dicopot selang bensin gk netes, masih vakum,,, pas buka intake manifold, ngintip intake port dan intake valve penuh karbon deposit akibat pakai bensin premium,,,, saatnya pakai yamaha carbon cleaner deh,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: