Fungsi penutup pentil pada ban

Broadcast aja wis , awalnya saya juga ga habis pikir kenapa ada tilang karena kendaraan tidak dilengkapi penutup pentil pada Ban nya  yo wis  , saya kutip dari facebooknya Divisi humas Mabes Polri :

z1798858_799503383411853_1783503690_n

FUNGSI TUTUP PENTIL PADA BAN Masih banyaknya pertanyaan, Polisi masih sering mencari-cari kesalahan bahkan tutup pentilpun dipermasalahkan, sedikit kami berikan gambaran betapa pentingnya tutup pentil ban kendaraan Mitra Humas, karena tutup pentil (valve cap) sering dianggap sepele oleh pemilik kendaraan. Entah karena bentuk fisiknya yang kecil atau karena harganya yang murah. Padahal komponen ini punya peran penting dalam menjaga ban tetap dalam tekanan ideal. Fungsi utama valve cap adalah melindungi pentil ban dari kotoran. Debu atau air yang masuk ke pentil dapat merusak katup, membuat material karet sebagai sil di dalam valve menjadi getas,atau menyebabkan terjadinya korosi. Kalau kerusakan ini terjadi, udara di dalam ban akan keluar secara perlahan. Akibatnya tekanan angin ban menurun. Kebocoran kecil ini sulit dideteksi. Padahal menurut data NHTSA (National Highway Traffic Administration), 85% penyebab berkurangnya tekanan angin ban adalah akibat kebocoran halus yang terjadi dalam periode lama. Salah satu penyebabnnya adalah tidak adanya tutup pentil. Fungsi lain dari valve cap adalah mereduksi kebocoran pentil agar tekanan angin ban tidak menurun secara drastis. Hal ini sangat penting ketika kendaraan sedang melaju di kecepatan tinggi. Mari kita lindungi diri sendiri dengan meminimalisir segala kemungkinan yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan.


kemudian ada komentar komentar pertanyaan & masukan yang  menarik  :

  • Haryudha azhari trengginas  ”Bukan masalah tutup pentil ada atau enggak… Yang jadi masalah itu kalo tutup pentilnya berwarna bukan hitam (misal hijau, kuning, merah dll) kok ditilang?”

    ->>Adly komandan ”Emang melanggar pasal berapa dari uu no 22 tahun 2009 kalau ditilang ?
  • Yohanes Hendri Handoko ”info yg Bagus ndan, Tapi berhubung tidak tertulis explisit dalam undang2, jangan d tilang lah kalau g Ada tutup pentil. yg nyebar ranjau paku bikin ban bocor Dan bisa kecelakaan saja belum Ada yg d tangkap Dan d adili.”
    hehehe  beginilah  kalau  masih  abu abu  :mrgreen:  info pengetahuan & fungsi penutup pentil memang masuk akal  pad  ,  tapi  masalah ”Tilang” nya itu lohh  yang  sensitif
    zIMG_1615
    kebetulan yang saya pakai penutup pentilnya  terbuat dari logam berbentuk hexagonal  & didalamnya terdapat  rubber seal pengaman …..  nah lohhhhh  yang  dipakai para bapak bapak polisi  sekedar tutup pentil doang atau ada rubber seal pengamannya ?   :mrgreen:
    salam from warung DOHC , Wassalamu’alaykum  😉

25 Comments

  1. Walaaah… Sebelumnya pernah pake tutup pentil segi 6 kaya Mas Aziz, eh kalo kelamaan gak dibuka marai macet. Kudu make kunci pas dulu… Sekarang mah pake yang biasa dulu, biar gak ilang tiap kali pergi ke tukang tambel ban 😀

  2. Menurut saya barang ini memang penting, bagi saya barang ini adalah salah satu “safety equipment”.
    Karena itu saya punya banyak di rumah, bahkan di tool box mobil juga selalu ada.
    Gunanya seperti dijelaskan diatas, biar pentil enggak kemasukan kotoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*