Kereta yang mau mengalah dengan pengguna jalan lain

Lanjut  cerita yach mas beroo!  😀  ,  hmm  Dimana mana yang namanya  Kereta itu pasti menang &  menjadi proritas untuk melintas di jalan  ,  ehh namun ada lho  kereta yang mau mengalah dengan pengguna jalan lain  , saya menyaksikan sendiri kok  hehehe  ,  di kota tua Duomo Milan Italy  , hmmmm  sebenarnya  ini tidak bisa dikategorikan kereta murni karena fungsinya  mirip Bus-way  kalau  di  indonesia  ,  malah  lebih  santai  namun dengan traffict schedule yang rapi & tepat waktu , namun tetap saya anggap  kereta  soalnya  terdiri  dari rangkaian gerbong  &  melintas diatas Rel

IMG_1083 - Copy

Nah commuter line yang perlintasannya diatas Rel yang berbagi jalan raya dengan pengguna jalan lainnya  ini  unik  ada yang  tua classic ada pula  yang modern  , kesemuanya menggunakan tenaga listrik  ,  bisa dibayangkan andaikata  listrik padam  , karena posisinya  berbagi jalan raya  pastinya  tidak boleh mogok ditengah jalan  ,  hmm  bisa dibayangkan juga  perusahaan  commuternya  apa iya  punya power Plan pembangkit listrik cadangan  ya? *pastinya sangat besar power plannya untuk mensuplai semua jalur ,    kalau kalau listrik central padam ?  bisa juga sich punya  engine cadangan  *diesel  untuk keperluan darurat  , namun sepertinya ga semuanya  dibekali Hybrid

IMG_1084 - Copy

karena fungsinya untuk jalan jalan & mobile di perkotaan  , kereta ini laju nya santai  ,  malah  lebih  santai  dari  trans jakarta  yang lagi  ngebut :mrgreen:  yang jelas masinisnya sabar  &  pengertian dengan pengendara lain ,  begitu pula  motor & mobil  juga  pengertian  dengan  kereta ini ,  mana yang  memungkinkan  lebih dulu untuk jalan  ya  didahulukan

IMG_1082


kereta ini tetap  biasa membunyikan klakson , namun bila mana  kondisi  sudah  tanggung melintas di persimpangan  ,  maka  kereta ini bisa   melakukan pengereman  dengan sigap  , meski boleh mengalah dengan penyebrang jalan , pedestrian , biker , maupun driver  ,  namun bukan berarti kereta ini tidak menjadi prioritas di jalan

IMG_0888 - Copy

pokoknya  Sistem yang diterapkan   ” Santai Bae lahhh”   :mrgreen:  lha wong  traffict habitnya  juga  Tertib  &  teratur

IMG_0891 - Copy

kereta  ini  lazim  disebut  apa  sich ?  Trem ,  atau  bahasa  lainnya  Trim  kah?  hehehe

yang jelas  sytem  berdampingan seperti  ini  tidak bakal bisa  terjadi di Indonesia , dengan schedule pemberangkatan kereta yang  yang padat & tanpa palang perlintasan seperti  di sono  😀  ,  maklum  maklum & maklum  lalu lintas di indonesia  sudah  level  ”Gemblung”  :mrgreen:   dengan  kata lain Kereta api di Indonesia  harus  menang ,  harus di dahulukan , ga mau ngalah &  harus jadi prioritas utama di perlintasan !

tapi ada kok  kereta di italy yang larinya ugal ugalan mirip top speed  F1 & moto GP  :mrgreen:   , namun  istimewa  track nya  berada  di  terowongan bawah tanah  ,  atau di  atas fly over &  misalpun  melewati kawasan penduduk & pertanian  tetap  di  beteng pembatas alias restricted area  ,  jadi  ga ada pengganggu faktor eksternal

ada yang pernah pengalaman menemui  jenis rail commuter berbagi jalan raya seperti  ini ?  di  negeri sakura japan  atau  di AS  misalnya ?  cerita duonk  😀

salam from warung DOHC, Wassalamu’alaykum  😉

27 Comments

  1. Jaman dulu Jakarta pernah punya, tapi akhirnya dilepas pas zaman Bung Karno…

    Kalo sekarang mau punya lagi, mustahil deh. Populasi penduduk dan kendaraan udah gak sebanding lagi sama ketersediaan lahan di Jakarta. Ya bisa aja sih dibuat, cuma untuk transportasi dalam komplek 😀

  2. nah kereta yang bukan trem emang sebaiknya dipisahkan dengan jalan raya mas mengingat attitude banyak oknum slonong boy.. lha wong di luar negeri yg pada taat aturan aja dipisah..
    kalo trem emang kecepatan rendah untuk komutet.. dan tentunya walau trem ngalah, pengguna jalan yang lain juga nggak ugal-ugalan..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*