Gowes menyusuri bantaran sungai Fiume Reno Italy

Alkisah , teman saya  yang  udik  tentang permotoran tidak percaya kalau  ada motor buatan BMW akhirnya motor endurance tersebut di untit hingga  traffict  light !   nahhhhhh dipikirnya  BMW  cuma  bikin   mobil aja kali yaks  :mrgreen:    setelah  percaya  kalau  motor tersebut  adalah  BMW  kami  pun  kembali  menyusuri  pinggiran  kota  Bologna Italy ,  hendak  melacak  keberadaan  Desa Borgo Panigale desa nya  Ducati   😆IMG_0626

gowes nya  cukup  lumayan  jauh  , yaaa  kira  kira  membakar  kalori selama  hampir 1  am  laghh  sekali  trip  😛 

Untitled

nah   di  tengah  perjalanan  kami pun  berhenti  menghampiri  jembatan  yang  menghubungkan ke dua  district  tersebut  ,  yaps   ada  penampakan Sungai  yang  rupawan  membelah  kota  tua  ini 

IMG_0621

mungkin sungai  ini  tidak  begitu terkenal  namun   panoramanya  benar  benar  asri  &  WOW  banget  ! sungai yang  bernama  Fiume Reno yang  dalam bahasa  indonesia  berarti ” Air  yang  mengalir ”   ini  bermuara  di  lautan mediterania  ,   sumber mata airnya  di sekitar  tuscany  pegunungan  tengah  italy  ya  sumber  airnya  kira  kira  50km  sebelah  timur  dari  menara Pisa   , di beberapa titik lain di  bologna  ada spot wisata  tua  dimana  ada  kota  bertingkat di  bologna  yang  dinding  dinding  rumah  bawah  tanahnya  langsung  di  tebing  sungai &  banyak  lorong  bersejarah  disana , sayang  kami  tidak  berkesempatan  mengunjungi  kota  bertingkat  tersebut  ………..  , kira  kira  gimana kondisi  sungai  nya ?  ,   hmmm  jangan bandingkan  dengan  sungai  sungai  yang  membelah  kota  di  indonesia  ,  bedaaaa bangett!   ,  Fiume Reno ini airnya  mengalir  tenang  &  jernih  sekali ! IMG_0612

tertarik akan  hal  itu  saya  mencari  jalan  turun  menuju  sungai  ,  nah  ketemu   juga  ,  mari  kita  telusuri  ➡

IMG_0661

waaaaa vegetasi  rerumputan & ilalang  mendominasi  tumbuhan  ditepi  sungai  IMG_0640

nahhhh   setelah  di  capture  dengan  mata Lensa  elok  banget  kayak  lukisan  lukisan  gitu  dech  ➡ IMG_0663

kalau  menjelang  sore  ternyata  areal  ini  dimanfaatkan  penduduk sekitar  untuk  jogging  &  jalan jalan  santai  sambil  membawa  hewan  peliharaan  ,  selain  ada  padang  rumput  luas  memang  ada jogging tracknya yang  alami  


IMG_0665

Pemukiman  di  tepi  sungai  tidak banyak  ,  sekalipun  ada  ya  ditata  dengan  rapi  &  bersih !  ➡  IMG_0662

Ahhh  jadi  miris  melihat  sungai  sungai  yang  ada  di  indonesia  mengenaskan  kondisinya  ,  meski banyak  sungai  di  indonesia  yang  mempunyai  pemandangan  elok  &  menyimpan ekosistem  yang  kompleks  namun  hanya  tinggal  sedikit  yang  masih  asri  🙁   IMG_0684

Ahh  andai  saat  itu  saya  bawa dome  , alat Pancing &  peralatan memasak  pasti  saya  sudah mendirikan camp &   bermalam  di pinggiran  Fiume reno  ….  itu pun  juga  kalau  ga  di ciduk  hansip  setempat !  :mrgreen:   dan itupun  juga  kalau  ga  dijahilin  Genderuwo  lokal  !  😆 

met week end aja ,  salam from warung DOHC  , Wassalamu’alaykum  😉

29 Comments

  1. Daerah sana bagus tapi juga surganya binatang. Tapi gak tau kalo di situ aman dari hewan buas nan berbisa 🙁 mungkin itu sebabnya mereka bawa anjing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*