Iklan
Oleh: azizyhoree | Juli 5, 2013

Menarik mencermati new engine Yamaha twin paralel !


Yaps  setelah  mengenalkan  engine  baru  3 cylinder inline  yang   terupdate  mesin tersebut dipakai  oleh yamaha FZ-09    ,  kini  Yamaha  kembali  memperkenalkan  generasi  Twin paralel  engine  dengan  racikan   baru  !  , untuk  pasaran  global  sebenarnya  tidak  terlalu WoW mengingat  konfigurasi   paralel  twin  dalam  dunia  moge  internasional  merupakan  power train  yang  di pakai  hanya  pada  kelas  low-mid engine

new yamaha_twin2

Kubikasi  mesin twin paralel  ini  masih  belum di beberkan  oleh  pihak  yamaha  berapa  CC  kapasitas  cylindernya  ,  namun  dari  penampakannya yang agak besar &  stroke blocknya  panjang ,  memang  layaknya  engine 400-500 cc ke atas  ,  mungkin  juga  yamaha  berniat  menjawab  tantangan  dari  pabrikan  sebelah  dengan  geng  CB500-CBR500-CBX500  nya  dengan  merancang  lawan  dikelas  tersebut

yamaha_twin

ada yang menarik  jika  mencermati gambar diatas ^   pada bagian  cylinder haead  yang  saya  lingkari   berprofil  aneh  hal  ini mengingatkan  saya  pada  model  cylinder head dari  engine 4E-FTE toyota  starlet  GT  DOHC  ,   dimana  engine  DOHC  biasanya  bentuk  head  berprofil  menonjol  &  ada  profil  lingkaran  kembar  ,  namun  layaknya  engine  baru  yamaha ini  bentuknya  asimetris  ,  sepertinya  menyimpan gelondongan  profil  cam  yang agak  berbeda  pada  bagian  exaust  port  ,  atau  bisa  juga   rantai keteng /  timing  chain  menggerakkan  salah satu cam  saja  sedangkan  cam satunya  di transfer  melalui  gear reduksi  entahlah ?   😀

keanehan  yang  ke 2  adalah   pada bagian  block casing  timing chain nampak  seperti  menyatu  dengan  crankcase agak  susah dipahami  jika  pada  umumnya  crank case terbagi   menjadi  2 bagian  belahan  kesamping  ,  sedangkan  cylinder block  pemisahannya  pembelahan  dari sisi  atas ke  bawah ,  kalau  memang  menyatu apa  ga  susah  mencetaknya?  atau  pengiritan  ongkos  produksi ?  entahlah  benar benar  baru

1002836_10151677546467591_1788966392_n

banyak  yang  mengira  basic engine  ini  dari  Yamaha TDM 900 yang  juga  mengadopsi   twin  paralel  dengan cross plane  crank shaft  dengan  crank 270 derajat  dimana  bisa  mereplikasi distribusi karakter  kekuatan engine 90 derajat V-twin faktanya  benar benar  berbeda  dan baru akankah  yamaha  mampu  menggabungkan  karakter  bengis Vtwin  dengan  aura  lembut  khas  cross plane  inline?? ?  😀

masih  berharap  datang  versi  twin  paralel  250 cc ?   Yamaha  YZF R4?  YZF  R25 twin?  masih  agak  berat  &  mimpi  ,  namun  setidaknya  harapan mimpi  sudah  di perdekat  oleh  yamaha  dengan  basic  engine  ini  ,   setidaknya  jika  mau  membuat  versi  Bore down  😀

Keep  woouumm ,  Dzwiiiiiiiiiiing   and  cheap !  maju terus  yamaha  !   :mrgreen:

source picture  from:  visor down & cycle world

salam from  warung DOHC  ,  Wassalamu’alaykum

Iklan

Responses

  1. nyimak suhu

  2. menyimak

  3. iyo yo, gabung ngono, lah neg ganti liner ganti blok po pie ki, kayane yo udu 250, gede bgt, hehee, mantabh suhu, sarapan2

    • jawabane nek wis kelihaan sisi kiri block mesin dadi keliatan konstruksinya

      • bingung dw

    • moge yamaha banyak yg gak pake liner, udah diasyl.
      hari gini kok masih liner segala, KTM aja bikin duke model nikasyl dan forged piston juga kok.

      • lah boringnya?

  4. ngueeeenngg………………..
    #mbah wahyudi mode on :mrgreen:

    • piksen twin mbatang Version.2 :mrgreen:

  5. Bagian dr Trademark , cirikhas , & prestige nya Yamaha.. Embuh kapan brojolnya mesin tsb di jalanan sini…

    • untuk kelas pertarungan prestige selalu medesain lawan yang bersenjata mematikan :mrgreen:

  6. abot mesine maz 😀

  7. blok silinder menyatu dg kalter mesin ..? 😯
    piye nek wayahe oversize..?
    http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2013/07/05/ketika-skuter-matik-murah-itu-hadir/

  8. wow…. teliti banget. blok silinder menyatu dengan blok mesin

    • harus liat dari dekat biar jelas teka teki nya 😀

  9. wah teliti, tapi klo bener-bener diterapkan di 250 cc jadi beda sendiri dnegan kompetitor

  10. mantappp yamaha

  11. sepertinya itu untuk mesin TDM versi baru dan Super Tenere 800 untuk menyaingi BMW F800GS dan F800R

    kalo soal block casing menyatu dengan crankcase itu sama dengan Yamaha FJR1300 , BMW F800GS / R dan mesin-mesin mobil

    FJR

    BMW F800

  12. highcost neh bwt produksinya..

    • bisa ditebak kalau twin 250 pasti ga jauh jauh dari price N250/ GW250 🙂

  13. onde-onde baru lagi ini 😀

  14. bingung fz-09 sama mt-09

    • MT 09 sepertinya initial project , FZ-09 nampaknya mass product nya Cmiiw 😀

    • beda lokasi jualan kayaknya…model sama

  15. desain cylinder block mirip mobil crankcase dan oilpan terpisah ketoke

  16. jangan jangan 3 valve ???? 2 in 1 out ????

    • biasane rumusan hisap diusahakan pasti lebih besar dari pada out om , jadi lebih mungkin 2 in -1 , ( misal itu 2-1 ) R1 itu 5 valve / cylinder 3 in – 2 out 😀

  17. eh kwalik, 1 in 2 out ????

  18. Yamaha 250 twin cil bentar lg kok 😀

    http://prazovic.blogspot.com/2013/07/otomotif-opini-motor-penyebab-kemacetan.html

  19. kesuwen… kompetitor makin kuat mencengkeram tahta

  20. sepertinya itu mesin bebek baru yamaha :mrgreen:

  21. apakah honda akan terpancing?

    kalu iyach,

    maka kemungkianan mesin cbr akan diturunken ke new tiger

  22. kita tunggu engine 250 yamaha kek apa…
    apakah lebih powerfull daripada N250 or 11 12…

    hahaha

  23. ya Iyalah kelihatan menyatu…itu sambungannya ada di lebih bawah lagi…macem cyl com mobil lahh…

  24. sdh seharusnya yamaha bisa lebih powerfull drpd kawasaki, era th 90an tzm bisa 36 dk, ninja r 30dk, krr thai 33dk. Kapasitas mesin bore stroke kawasaki 59×50,6 148cc, yamaha 59×50 147cc, honda nsr 59×50,6 149cc.

    • ngacooooooo
      baru tau mesin yaaa
      belajar dulu cara ngitung volume silinder ( itu cuma 135 an cc )
      baru ngasih komentar

  25. Simak…

  26. Muantap…
    http://trexton.wordpress.com/

  27. […] (Menarik mencermati new engine Yamaha twin paralel ! ) […]

  28. Mantap gan, malah jadi penasaran… 😀

    • Lupa :mrgreen:

      Salam kenal om 😀

    • salam kenal mas bro jurig ! , serem euy namanya jurig :mrgreen:

  29. kok kayanya overstroke ya?

    dilihat juga mengacu ke unicam, apakah ini DOHC overstroke unicam?

    tolong dibantu, bingung masalahnya 😀

  30. […] Dan seperti judul.. Apakah ini merupakan jawaban dari penampakan dua mesin yang sudah pernah di bahas di tmcblog dan di warung DOHC..? […]

  31. I’m rellay into it, thanks for this great stuff!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: