Iklan
Oleh: azizyhoree | Februari 9, 2013

Masalah klasik ”baut mesin patah”


Oke enaknya  cerita  lagi aja  :mrgreen:   ,  alkisah seorang rekan mencoba nge bengkel sendiri motornya  namun ada satu ilmu yang dia lupakan  yakni teliti & hati hati  :mrgreen:  ceritanya batagor (Tiger) nya akan diganti seal lever koplingnya  yang  rembes  oli & harus membuka block bagian kanan kopling …..

1360411593-picsay

kesalahan bermula dari sini ➡   rekan saya menambahkan sealer rubber pada permukaan crankcase *padahal sudah ada packing , sehingga  sealer tersebut justru malah  belepotan & mendesak packing  alhasil kebocoran oli terjadi pada block kopling  menetes & mengucur kencang ,  panik ,  doi malah  nambahin kekencangan  pada baut  di area yang terjadi kebocoran ,  ” ceklak”  yahhh  patah sodara sodara  :mrgreen:  

1360411520-picsay

oke motor digiring ke garasi  & siap untuk dioperasi  😆    , untuk melepas baut yang tertancap pada crankcase mesin sebenarnya  bisa memakai bolt ekstraktor  , namun karena saya belum punya,  &  baut yang akan di cabut  diameternya  kecil  maka  dengan teknik tambah daging dengan las listrik saya rasa lebih efisien 😀 , untuk itu saya membutuh kan alat ini ➡

1360411654-picsay

pertama lepas konector kabel ke  Aki agar arus tidak merembet & merusak part listrik pada motor 

ke dua setting sudut & tegangan las listrik yang tak terlalu tinggi  agar listrik tidak menyambar permukaan crank case dan menyebabkan cacat permukaannya

ketiga, pakai stick las yang sudah pendek , agar mudah diarahkan pada bidang yang sempit , jangan lupa pakai safety google

dan mulai beraksi 😎

542282_4290183620421_371562352_n

tambah daging pada ujung baut yang patah secukupnya hingga  bisa dijepit dengan tang grip & dilepas ,    setelah proses baut terlepas , bersihkan permukaan crank case & block kopling dari kotoran sisa  packing yang masih menempel  ,  pasang packing yang baru ga harus yang orisinal tapi  ” ingat”   tidak perlu ditambahi rubber sealer ! percayakan pada packing saja & kebersihan permukaan  crankcase  1360411749-picsay

pasang lagi  block kopling & semua baut baut pengikatnya ”  jangan terlalu kencang ”  feel nya harus  main  atau anda harus membeli torque wrench!  :mrgreen:   okree   proses telah selesai masukkan lagi oli & brummmm   selesai sudah  1360411791-picsay

Batagor siap beraksi tanpa kebocoran oli lagi sekian   :mrgreen:

salam from warung DOHC , wassalamu’alaykum  😉

Iklan

Responses

  1. pertamaxx dulu diamankan

    https://brigade15.wordpress.com/2013/02/09/modif-nissan-x-trail-jadi-cuepeeerrr/

  2. olinya bocor? berarti ada asep putih dong om azis?

    • bukan bocor ke ruang bakar tapi bocor belepotan keluar area mesin bro :mrgreen:

  3. kene multipower ra ono lek, ketemune gold 3100 15-50

    • stock lawas palingo pan 😆

      • ra enak ki, opo ra cocok jal

      • pertanyaan 1, sejak smp tahun 2003 kalau ngelas listrik copot aki , jik urung mudeng hubungane listrik las nyang aki
        2. ngecek kedalaman oli kui pas dipstick keadaan full masuk opo pas mung nempel lek? aku ngeceke pas full masuk

      • 1. kata tukang las aki bisa mleduk
        2. ngecek pas tutup nempel tok, bukan pas masuk.

      • ngecek oli ya gur di celupke wae pan g usah pake di puter tutup olinya, rempong amat. Amat aja biasa aja

  4. Motor mpun sepuh tp sik Jozz playonane… 🙂

    • tergantung ngerawate mbah tagor mas 😆

  5. Kuat jg ya..Las listrik,klo tuh baut smpe lepas

    • pastikan nge las nya cair & lengket mas biar kuat diputar patahan bautnya

  6. blog sing marakke pinter …
    thanks for sharing Bro…

  7. maknyozzz…

  8. Oli motul piro masdab?
    http://vegalovers.wordpress.com/2013/02/09/nyobain-yamaha-new-v-ixion-pinjeman/

  9. Numpang baca dulu sambil makan batagor xixixix

  10. ngeri banget ya sampe patah gitu..

    nitip lapak ya mas 😀

    http://anggiwirza.wordpress.com/2013/02/09/honda-scoopy-fi-enelan-tuh-headlampnya-projector/

  11. lumayan iso tambah pengalaman, pengalaman nyeklekne baut. :mrgreen: tp nek ra ngono ra oleh pengalaman

  12. Nah feel itu yang susah, kadang Saya tiap pasang baut sampe bunyi terek tektek baru udahan 😀

  13. kirain di ketrik pke palu+obeng min(-).. :mrgreen:

  14. Bismillaah. Lesson learnt yang bisa diambil adalah kalo udah pake packing/gasket/perpak ga usah pake sealer/threebond. Nice thread.

  15. resike jee koyo bengkel europe ( 🙂 )

  16. torsi bolt flange sh 6 itu 100 kgf.cm +/- 20 …. jd klo lebih dr 120 kgf.cm ya siap2 aja patah … hehe

  17. kalo ane biasa pake sealer walau udah ada packing, karena packing ori juga gak selalu rapat dan bisa rembes. hanya teori ngoles sealernya yg perlu pengalaman, olesi setipis mungkin alias tipis banget. kalo kebanyakan bisa meleber kemana-mana.

  18. klu boleh ngasih masukan bray,,,, klu bs blog nya paling gak sehari ada artikel lah…, paling gak 2hari sekalilah… Coz sayang bgt blog isinya bagus gini lama banggetzz amir update nya

  19. absen om. nunut moco

  20. mau komen apa ya ?
    gx ngerti soal mesin motor….
    hehehehhe

  21. pancen joss..
    dr pabrikan klo g slh udah nganjurin pake packing doank..
    berharap mz azis nerbitin bku permesinan 😀

  22. sperti kasus yg pernah ane alami, cuma gara2 baut…mrembes terus olinya,..
    sharing yg mantap..

    ijin nitip jemuran mas[share] membuka benang kusut poligami, bolehkah ?
    http://temonsoejadi.com/2013/02/05/membuka-tabir-hitam-poligami/

    suwun

  23. tanya juragan dohc, inverternya berapa watt, merek apa yang rekomended, trua apa nggak njeglek tuh meteran rumah?

    • kalau volt nya dibikin tinggi , listrik 900watt pun njeglek mas, tapi kalau knop diatur di tegangan rendah masih bisa dipake ngelas 😀

  24. pernah ngalamin,tapi bukan di motor..,diesel merk kubota…

  25. Harus dgn hati.. Xixi
    http://trexton.wordpress.com/

  26. pas jaman gl100.. kerep ngalami baut tugel..gara garane baute sg kuning murahan. kepala baute gampang tugel /patah..

  27. manteb tipsnya..
    tanya masBro, kasusnya sama baut patah cuman beda lokasi.
    motor ane baut niple pembuangan oli rem patah dalam (seret tetep nekad diputer) apa musti di bor? trik ngebor yg safety biar ga makan ulir .
    gmn ngakalinnya
    suwun..

  28. hampir semua kok mengalami, mungkin krn penanganan gk bagus..bisa krn mekanik buru2 byk order, kalo di pulsar yg terkenal itu baut kenalpot yg buat nempelin ke mesin patah, krn tahu sendiri, knalpot pulsar beuraaaadddd….

    https://boerhunt.wordpress.com/2013/02/10/mature-nya-motor-matic-memang-cenderung-ngebut-di-gang-jalan-kecil-apa-sebabnya/

  29. iku masalah serius mas bukan cuman klasik lagi nek ra pengalaman mesti panik langsungan 😀

  30. Motul multi power bukan jaso MA to sam?

  31. lha nek baut oli ndlower piye ngatasi kang ? 😦

  32. […] ini sebenarnya  artikel  sambungan dari  kasus    pada artikel —>>  baut mesin patah  dimana saat itu Honda Tiger 200 milik  pasien saya  yang  agak  slodron ini mengalami  patah […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: