Review Info jalur mudik 2012 via pantura-brebes-purwokerto-jogja

Yaps saat nya  saya  sajikan  info tentang jalur mudik  bagi  Mas bro yang akan melewati  jalur mudik  dari  jakarta via pantura,  Cirebon , brebes,  bumiayu, banyumas/ purwokerto,  wangon cilacap, kebumen , Yogyakarta  ….  karena  jalur tersebut kemaren sekitar  pertengahan ramadhan 1433H  tepatnya tanggal 31 juli  telah  saya survey &  lewati menggunakan  si ”Genduk Cilik” matic saya  .  ada  beberapa  informasi  yang dapat saya  simpulkan  sebagai berikut  😀  :

pemudik  dengan  mobil  dari jakarta  mungkin bisa menggunakan akses Tol cikampek  ,  dan pemudik  dengan  kendaraan lain  jakarta  cikampek  seperti  biasa  nantinya  pasti  akan terjadi  penumpukan volume kendaraan  berlebih  dan  kemacetan  dasyat  merayap  ,  terlebih  di  daerah jalur  utara sebelum cikampek  ada perbaikan  jalan  yang  masih  dalam  proses  setengah jalan,  artinya  penggunaan  jalan akan bergatian  …   (harapannya  sisa 10 hari ini selesai  tetapi  belum pasti)  simpang Jomin dan pintu  keluar  Tol juga akan menjadi sumber  kemacetan  hebat ! waspada !  ,  sementara  jalur  Pantura  sampai dengan  cirebon -brebes overall jalanan  mulus  dan  aspalt  baru  …   ,  namun  perlu  diperhatikan   ada  beberapa  titik ,  terlihat pada  lingkaran merah  , ada sekitar  4  titik  perbaikan  jalan  ang  juga  masih  separuh  proses

pertama sudah saya sebutkan tadi  Cikampek  ,  kemudian  di dekat  Pamanukan  tepatnya didaerah pusaka nagara ..    harap  waspada karena  sepertinya  kendaraan juga  akan  bergantian  dengan  1  jalur   ( semoga sisa 10 Hari kedepan  sudah  jadi  tapi juga  belum pasti)

kemudian  titik  ke 3  ada  di  Patrol  Indra mayu  sama  kasusnya  perbaikan  jalan  yang  baru  separuh proses bisa dipastikan  juga  penggunaan jalan  secara  bergantian,  namun   tidak  terlalu  panjang  tapi juga  berpotensi  menimbulkan  kemacetan

titik  ke  4  ada  di daerah Tanjung  losarang  brebes ,  ada  perbaikan  jembatan  yang  bisa dipastikan  penggunaan  jalan  juga  secara  bergantian  jelas ini  juga  akan  memicu  kemacetan  waspadalah!

lanjut   ke  jalur  brebes-  sampai  wangon/  purwokerto  ,  jalur  ini  hanya  ada  1  akses   dan jika sudah  melewati  jalur  ini  tidak bisa memenar  mencari  jalur  lain  , artinya  ya  harus melewati jalur ini  dari mulai membelah  pulau jawa sedari   Pantai utara  hingga  jalur  pantai selatan ,  seperti  biasanya  jalur ini  sempit  dan  bergelombang  dari  tahun ke  tahun  sangat  lambat  perbaikannya  karenan memang  jalur  di tengah  persawahan  & tepi sungai jadi  tanahnya  labil dan  jalan  sering rusak ,  ada  titik titik  sumber kemacetan  diantaranya  di  Ketanggungan  ….   jalan yang rusak parah sedang  di  perbaiki  dengan  sistem  Cor  Semen  ,  namun  sayangnya  baru  sampai  separuh  proses  dan  harus  bergantian  menggunakan  lajur  jalan  (di ketanggungan sendiri  ada 2  titik)

sementara  yang  di  tanjakan Ciregol  (yang kemarin masuk TV)  ,  sampai kemarin  belum bisa di lewati mobil  pasalnya  perbaikan nya  memapas bukit  agar jalanan menjadi lebar & landai   ,  hanya  bisa  dilewati  sepeda motor  ,  itu pun  masih  banyak  Alat  berat  parkir  di tengah  jalan

sementara untuk Mobil  kecil  di  alihkan  jalur   sebelum  ciregol  kalau  dari arah  utara  belok  kiri  dan  memutar  melewati  tengah  sawah  dan  desa pedusunan  hingga  tembus desa Tonjong  bumiayu  ,  ya  memutar  lumayan  jauh  melewati  jalanan  desa  kira2  5- 6 Km  ….   jalur  menuju purwokerto – wangon-  relatif  aman  hanya  ada  sedikit  perbaikan  jalan  sebelum  simpang  Bumiayu  kota  …..   waspada saja  karena  jalur ini  sempit  namun  biasanya  lancar  😀

info  wangon-kemranjen-kebumen-Jogja relatif  aman,   tidak ada  perbaikan  jalan  hanya  saja  perlu  di waspadai  jalur  ini  sempit  dan  kebanyakan  track  lurus  tanpa  separator  waspada  saat  akan  menyalip  kendaraan  lain,  waspada dengan  kendaraan  dari  arah  berlawanan  ,  dan  beberapa titik  terdapat  pasar  tradisional  pinggir  jalan  yang  memicu  kemacetan  ,   waspadai  juga  jalanan  jalur kemranjen – kuthoarjo  agak  bumpy  * sedikit  kurang  mulus  😀


semoga  berguna ,  hati hati , waspada & berdoa  saat  mudik , keluarga anda menanti !

Wassalamu’Alaykum  😉

82 Comments

  1. “titik ke 4 ada di daerah Tanjung losarang brebes , ada perbaikan jembatan yang bisa dipastikan penggunaan jalan juga secara bergantian jelas ini juga akan memicu kemacetan waspadalah!”

    salah mas aziiz….. Tanjung-Losari :p
    itu berdua adalah 2 kecamatan berbeda….dan lokasi jembatan yg sedang d perbaiki ada d Tanjung
    #maklum ane wong Tanjung asli :mrgreen:

    mas Aziz gak mampiiir??? 🙂

  2. “titik ke 4 ada di daerah Tanjung losarang brebes , ada perbaikan jembatan yang bisa dipastikan penggunaan jalan juga secara bergantian jelas ini juga akan memicu kemacetan waspadalah!”

    Yup bner seperti kata mas bennycs1rider di brebes ga ada yg nama nya daerah losarang ada nya losari, nah kalo losarang itu daerah setelah patrol pak de, daerah indramayu. .

    Emang ciregol msh blum beres pak de, kmrn lewat situ bisa sih tapi di alihkan ke jalan super sempit not recomended buat org mudik pke mbl seperti yg pak de blng. .
    Tapi kalo pke roda 2 msh bsa ko. .
    😀

  3. Terimakasih infonya yg mendetail, Mas Aziz.

    Ini info yg tak tunggu2, soale kami insya Allah akan mudik lewat Pantura di H-5.

  4. “sementara yang di tanjakan Ciregol (yang kemarin masuk TV) , sampai kemarin belum bisa di lewati mobil pasalnya perbaikan nya memapas bukit agar jalanan menjadi lebar & landai , hanya bisa dilewati sepeda motor , itu pun masih banyak Alat berat parkir di tengah jalan”, Maksude sudah diaspal belom? sebulan lalu ngeri banget lewat situ..Matur nuwun

  5. nambahin buat update info jalyr cikampek cirebon, jumat sore dan minggu sore saya melintas ruas tersebut, pengaspalan di pusakanegar sudah selesai dikerjakan, sementara ruas patrol losarang yang jumat masih ditutup satu lajur ke timur minggu malam sudah mulai dibuka sehingga arus lalu lintas cukup lancar

  6. Wah, mas aziz mending jadi reporter tv khusus arus mudik deh. Laporannya lengkap dan padat. Mudah2an mas aziz ada yang kontrak habis ini. Kan lumayan masuk tipi.

    bisa narsis bareng paijo :mrgreen:

  7. Oyaa kang, review jalur full selatan via purwakarta-bandung-tasik-banjar-majenang-wangon juga sudah lumayan mulus. Sepanjang purwakarta-banjar jalur lumayan mulus. Perbaikan hanya terjadi di beberapa titik seperti penyempurnaan lingkar nagrek dan tanjakan gentong tasikmalaya.

    jalan yang kurang mulus hanya ditemui di daerah kr.pucung-lumbir saja. Namun setelah masuk wangon. Jalur mulus lagi.

    buat yang mau menghindari kemacetan padat sangat recommended lewat jalur selatan jabar ini.

  8. aku pengguna setia mudik lewat jalur selatan cilenyi – malangbong – tasik – banjar – wangon – buntu – gombong – kebumen – kutoarjo – purworejo – jogja
    🙂

  9. Wkwkwk Kemranjen-Kutoarjo itu sih jalur tempat tinggal ane. Jalannya emang banyak titik yang ga rata serta banyak tambalan. Paling enak lewat jalur kroya ke selatan dan timur jalurnya ajib mulus, tapi ga mendukung buat top speed, bnyak rumah”.

  10. Mau mudik ke Majenang, tp lwt jalur tikus bawa mobil biar ga macet, via:

    Tol Cikampek – Purwakarta (exit) – Wanayasa – Jl. Cagak – Sumedang – Darmaraja – Wado – Lemah Sugih – Bantarujeg – Cikijing – Kawali – Rancah – Dayeuh Luhur – Majenang

    Selanjutnya k tmpat simbah d Gunung Kidul, DIY, jg lwt jalur tikus via:

    Cimanggu – Lumbir – Wangon – Jatilawang, belok kanan – Pekuncen – Kesugihan – Adipala – Ayah – Karang Bolong – Petanahan – Ambal – Mirit – Grabag – Glagah – Srandakan – Panggang – Playen – Wonosari

    Terbukti lebaran kemarin mudik H-3 & H-1 puncak arus gak kena macet, kecuali di Cikampek & sedikit di Lumbir. 😆

  11. Saya dengar katanya ada alternatif lain untuk menghindari kemacetan dari Ketanggungan – Bumiayu bisa lewat Brebes – Tegal – Pemalang belok kanan arah Purbalingga nanti ketemu lampu merah belok kanan arah Sokaraja / Purwokerto. Waktu untuk melewati jalur ini dianjurkan sebelum jam 16.00, karena jalur berkelok2 dan barkabut sehingga jarak pandang tidak lebih dari 100 m. mungkin ada yg koreksi monggo….

      • Itu jalur lewat Randudongkal – Belik – Bobotsari, waktu pulang touring kemarin dr Guci k Jakarta via Purwokerto, sy lewat situ. Kondisi jalan sempit tp cukup mulus, ga gitu kelok2 kok. Sayang waktu mau motong lewat Baturraden, jembatan gantung kondisi putus shg terpaksa lwt jalur utama via Purbalingga.

  12. jalan brebes ke purwokerto bagusnya lewat mana jadinya kalo naik mobil pribadi ya. jalur alternatif yg lewat sawah itu jalannya jelek banget kan ya sempit lagi….

  13. buat mas Gunmawan Spur kalu jalur Majalengka – ciamis bagus ngak ya ? sampai majenangnya kan lewat ciamis ya ? , benar jalur selatan-selatan dari pantai ayah sampai srandakan bantul bagus. hanya di pantai ayah – karangbolong kendaraan hrs benar2 sehat, trs dari batas mirit ( kebumen )sampai ds Wonosari(ngombol Pwr ) jalannya tambalan tidak rata sktr 5 km. tp jalur itu bisa terhindar kemacetan dari tambak banyumas sampai kutoarjo

    • Majalengka – Ciamis kondisi jalan OK, cukup mulus wlw sempit dan sedikit bergelombang d wilayah yg menanjak. Cma jalur ini sepi banget klo jalan malam, mesti antisipasi sgla kemungkinan. Ane sering lewat sini klo mudik k Majenang, entah via Subang atau via Sumedang, di Ciamis ga lewat jalur utama tp sering jg bablas ke selatan klo kondisi lg macet, lewat Manonjaya, muncul di Banjar.

      Sayang kondisi jalan antara kab. Ciamis & Cilacap di perbatasan Jabar – Jateng ga bagus di kec, Patimuan – Sidareja – Jeruklegi, klo jalan ini sudah mulus, akan jd alternatif yg bagus utk tembus via jalur Daendels ke DIY & Jateng bagian timur-selatan.

    • overall sudah mulus mas bro, & dari info update , yang tadinya perbaikan di indramayu & cikampek sudah jadi , info jembatan yg di tanjung brebes masih belum update , ciregol bumiayu katanya juga sudah bisa dilewati 🙂

  14. Info terakhir dr kluarga, jalur ciregol sudah mulus dan siap dilalui kendaraan kecil. kebetulan rmh ortu ga jauh dr situ :malu:
    hanya mohon kurangi kecepatan melewati perkampungan Tonjong – Linggapura, jalan banyak tikungan di pemukiman padat.

    • @dabsaru: makasih infonya om, ini yang ane tunggu2. soalnya mo mudik Cilacap – Tegal (lawan arus nih). ditunggu apdetan infonya…

6 Trackbacks / Pingbacks

  1. Izin melintas , Journey 500 km ( lagi ) karawang- Jogja via jalur alternatif « Azizyhoree's Blog
  2. Review Jalur mudik 2013 via jalur selatan , overall Mulusss! | Azizyhoree's Blog
  3. info arus pantai cilacap | Info Wisata
  4. info pantai petanahan dan ambal surut | Info Wisata
  5. honda vario club majalengka - Harga - Harga
  6. alamat rental mobil di karanganyar - Harga - Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*