Beruntunglah kita yang berpuasa di dekat Katulistiwa !

Yaps  mas bro  muslimin yang  menjalankan  ibadah  puasa di  daerah  dekat  katulistiwa atau  di  daerah  tropis  , sudah  semestinya  kita  harus  bersyukur  di beri kemudahan ,  pasalnya   pembagian  waktu  siang &  malam   di  daerah  seperti  di  indonesia  adalah  balance ….  jadi   waktu  malam &  waktu siang  hampir terbagi menjadi 2 secara imbang masing 2  12  jam  ,  akan  sangat  berbeda kondisiya dengan  negara negara yang  letak  geografisnya  jauh  dari  garis belahan bumi atau  katulistiwa …..   ada saat saat  tertentu  dimana  waktu siang-malamnya  tidak  balance secara  ekstrem

gambaran  jam  20:00 malam ➡

seperti saat  say berada di italy  kemarin   dimana  waktu  siang  lebih lama dibanding waktu malamnya ….  di bulan  juni-juli kemaren  adalah  transisi  musim  semi ke musim panas  ,  dan  juli agustus  saat puasa 1433  ini  di sana  sedang  musim  Panas  ,  bisa dibayangkan  betapa  menyengatnya  suhu  udara siang hari  disana  ,  padahal  kalau  malam-pagi  sangat  dingin

gambaran jam  20:30  malam  ,  langit masih  terang  ➡

bisa dibayangkan  muslim  di  daerah  eropa  harus  memulai  sahur  sangat  pagi ,  pasalnya jam  04:00  sudah adzan  subuh  sedangkan  berbuka  molor  hingga  3  jam ,  pasalnya  matahari terbenam  adalah  sekitar  jam  21:15  malam  ,   atau  waktu  mahribnya  jam  segitu  …..  dijamin  ekstra berjuang  menahan  lapar &  haus  lebih  lama …..    belum  lagi  setelah  lelah  beraktifitas , tidak bisa tidur malam  lebih  awal ,  masih  menunggu waktu  sholat  isya yag  jatuh  sekitar  jam  22:30  malam  ,  belum kalau  mau taraweh , tahajjud  dan  lain  lain  yang  pasti   aktifitas  malamnya  hanya  tersisa sedikit waktu  untuk  beristirahat

saya  juga sempat  merasakan  bagaimana  capeknya  kurang  tidur  malam  disana  ,   mana  udara  malam  dingin  pula…     ,   namun  alhamdulillah   Ramadhan  ini  saya  bisa  merasakan  Puasa  di  Tanah  air  yang  artinya  puasa kita  disini  normal  &  tidak  seberat  saudara saudara kita  yang  jauh  dari  katulistiwa  ..seperti  di eropa  &  amerika  atau  belahan  lain  yang  mendekati  kutub  bumi

suasana Sunset  jam  21:00-21-15 /  jam  9  malam    ➡

beryukurlah  kita  semestinya  sudah  diberi  kemudahan  menu makanan  nya  enak  pula  ,  di  Eropa  jarang lho menu yang  cocok  di  lidah  kita  :mrgreen: harus bersyukur  ……  ya  to ?  🙂

salam from warung DOHC, selamat  menjalankan  ibadah  Puasa ….

Wassalamu’Alaykum  😉


 

70 Comments

  1. lah kalo di kutub gimana maz bro???
    pergantian siang dan malamnya kan bisa 6 bulan sekali tuh, apa mesti puasa selama 6 bulan juga.
    tadi juga baru denger berita di TV kalo kawasan Eropa ikut jadwal imsak dan buka waktu Arab Saudi.
    sekedar info periode maksimum penyinaran matahari (waktu siang) di beberapa garis lintang :
    0 = 12 jam (khatulistiwa)
    17 = 13 jam
    41 = 15 jam
    49 = 16 jam
    63 = 20 jam
    66,5 = 24 jam
    67,5 = 1 bulan
    90 = 6 bulan (kutub)

  2. yah tp seenggak nya disana ga terlalu berat godaan emosi amarah nya om, gak kyk di jakarta sini tiap menit ada aja yg bikin kita naik darah turun gaji…. hehehe….

    btw photo2 nya muantap om…

  3. kita mesti banyak2 bersukur soalnya kita di beri waktu puasa yang berimbang,tp sayang msh byk jg yang tdk puasa smoga yg tau blog ini bisa menyadarinya …..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*