Di Indonesia ATV haram di jalan raya …. ? , Di Eropa Legal !

Menarik menilik postingan Om Taufik TMCblog mengenai varian baru Yamaha ATV Grizzly 700 Fi ..  dimana  hanya  dijual dalam unit yang terbatas dan  berstatus  Off the road … , memang sepengetahuan saya  di  indonesia  ini jenis  ATV  4 roda  dilarang melaju di jalan raya ..  alias tak punya  STNK resmi untuk bisa di pakai harian   di jalanan  indonesia …. adapun sejak beberapa tahun lalu banyak beredar ATV made in china antara 110 cc- 200 cc  pun  ya kondisinya  off the road dan hanya dipakai untuk aktifitas outbond  dan arena hiburan  di tempat tempat wisata

pict from suzukicentral.com

Meski kalau  sejenis  roda 3 seperti  spyder yang katanya  atpm nya  di pegang oleh  Raffy ahmad,  saya pernah melihatnya  di jalanan pantura,  namun  sejenis  spyder  kan  bukan  tergolong  ATV ya?  dan  motor roda 3 &  aturan  jumlah sumbu roda   sepengetahuan saya ada undang2 nya di kepolisian … Piaggio MP3 nya om saranto aja  boleh rolling di sini ….  berbeda dengan  ATV roda 4 yang  memang  tak boleh digunakan di jalan raya indonesia   ….  berbeda dengan  Di Eropa  ..   saat  bertugas di kota Bologna italy  kemarin meski tak banyak namun  beberapa kali saya menemui biker yang melinas dijalanan mengendarai ATV tentunya kelengkapan standart di jalan raya juga ada seperti lampu utama, lampu sein serta spion ….  dan sepertinya enjoy ..  ( memang diperbolehkan melintas di jalan raya)

pict from offroad.com

Jika menurut kang taufik ,  pihak yamaha tidak menjual ATV nya karena alasan safety …    yang menjadi pertanyaan ,  kira kira rules  safety seperti apa yang  yang membuat ATV tidak boleh melintas di jalanan indonesia? 

 🙄    , apakarena  masalah  jumlah  roda nya?  diluar  konteks jalan  dijakarta  ya…..  soalnya  kalau  jalan  dijakarta  jelas  ATV  bisa dipastikan  susah  untuk berkutik di kemacetan  :mrgreen:   ….  tapi salut buat Konsistensi Yamaha yang berani menjual  barang yang hampir bisa dipastikan sedikit sekali peminatnya di Indonesia ..

Monggo yang  tau  bisa  antu  jawab  !  🙂 

Salam from warung DOHC

Wassalamu ‘alaykum 😉

78 Comments

  1. saran saya dibolehin gak masalah kok, ya mungkin asal saja mengendarainya butuh persyaratan yg kurang lebih sama seperti sepeda motor.. seperti pakai helm, dll..

    tapi kalau utk masuk tol ya jangan lah.. 🙂

  2. Namanya jg atv (all terrain vehicle) nanti bisa dipake nyeradak nyeruduk halaman orang, bayangin kalo dipake kriminal alamat susah ngejarnya tuh bapak ibu polisi.

  3. kalo dikampung mungkin bisa..tapi kalo dikota besar misal jkt.. wah ra bakalan bisa jalan kenceng ..ampun macetnya.
    Ya kalo mau ya buat undang2 baru tinggal… WANI PIRO……

    • safety dari pengguna jalan yang belum terdidik, motor aja naek trotoar apalagi atv atau motor SE 😈
      macet ? naek trotoar atao pake jalur busway aja, bila perlu gilas aja mobil didepan 😈

  4. saya setuju kalo atv boleh dipake di jalan raya. buat pengendara jauh lebih aman atv dibandingkan sepeda motor. yg penting ada maksimum speed misalkan 45 km/jam. kalo dimodif tempat duduknya khan lumayan bisa sama anak istri buat belanja ke pasar dengan harga yg lebih murah drpd sepeda motor

  5. soalnya industri mobil sdh dikuasai mafia. mobil murah di bawah 50 juta mau masuk harganya hrs dikatrol jd di atas 100 juta dulu. bkn soal bea masuk tp krn mesti ngikuti aturan mafia mobil. akhirnya sepeda motor yg jd bejibun di jalan raya.

  6. menurutku atv ga boleh dipake di jalan raya indonesia karena pemerintah bingung,, harus bikin peraturan baru untuk pengguna jalan tol,, selama ini kan “KENDARAAN RODA EMPAT ATAU LEBIH YANG BOLEH MASUK..” nah loh kalo atv?? berarti pemerintah mesti nambahin tuh aturan… “KENDARAAN RODA EMPAT ATAU LEBIH YANG BOLEH MASUK DAN TIDAK BOLEH KENA UJAN???”

    HEE…

  7. Yg jelas lebih aman ATV ketimbang motor alasannya krn ga bisa ngebut sembarangan, kalau jambret ga bisa lincah kaburnya, kalau maling bingung ngambilnya kebesaran Dan pasti kuncinya bisa di rantai. Yg paling asik bisa bercinta soalnya lebih seimbang

  8. karena ATV itu tak jelas katagorinya menurut UU angkutan jalan raya, mau dikatagorikan motor tapi rodanya emat, mau dikatagorikan mobil tapi pake stang dan mesin motor…cape deeh..!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*