Akhir pekan pada mau ke Honda.Biker's.Day Bromo? #ini nich akses Route nya!

hmmmm…  Jumát akhir pekan 16 des 2011 ini bakalan banyak biker’s dari penjuru tanah air berbondong-bondong  menju gn Bromo yups acara gathering tahunan yang bertajuk Honda Biker’s Day yang diadakan oleh AHM  , nah mungkin bagi mas bro yang sama sekali belum ada bayangan lewat jalan mana untuk mengakses ke kawasan bromo-tengger semeru bisa sedikit WD bantu  🙂

Saya bukan merupakan orang  jawa timur *hanya pernah tinggal di jatim , namun kecintaan dengan alam gunung Bromo membuat saya pernah touring ke taman nasional tersebut sebanyak 7 x dengan berbagai moda transportasi 😎   wajar jikalau WD hafal betul jalur-jalur menuju kesana dari berbagai kota yang berbeda , nah berikut  opsi jalur yang bisa mas bro sekalian pilih :

ada 3 jalur utama akses menuju kawasan tengger  yaitu Penanjakan pasuruan , sukapura probolinggo , dan jalur malang-lumajang
1.A   Jalur landai via probolinggo
jalur ini relatif lebih mudah dijangkau oleh kendaraan atau jika mas bro ingin melakukan touring dengan santai, bahkan roda 4 atau mobil travel minibus – bus berukuran sedang  masih bisa melewati jalur ini , jika mas bro dari arah jawabarat-jawa tengah setelah masuk batas kota mojokerto cari perempatan terminal, kemudian ambil jalur arah mojosari- kejapanan-porong gempol sidoarjo sampai depan pasar porong ambil kanan , cari arah persimpangan ”apolo”  kemudian ambil jalur bangil-probolinggo,  sebelum masuk kota probolinggo cari pertigaan tongas ( cari plakat akses bromo)  atau jalan raya Tongas-sukapura meski menanjak namun landai dan banyak lurusan serta aspalt nya halus  namun agak sempit,  meski jalurnya tidak ekstrim namun jika anda datang dari arah barat, jarak tempuh  jalur ini lebih jauh karena memutar  * berbeda jika tour dari arah timur semisal bali Dll  🙂

1. B  jalur tengah  Via  bangil-pasuruan – pasrepan
jalur ini bisa dikatakan jalur tengah atau  tegak lurus arah utara dari gunung bromo.  relatif landai namun diujung jalur akan bertemu percabangan dari jalur ekstrem via nongko jajar , pertama mas bro bisa mengakses via bangil maupun pasuruan kota , kemudian cari arah “Gondang wetan”  dan setelah itu terdapat per tigaan akses bromo ( jalan Ranggeh-Wonokitri ) jalanan ini juga relatif landai dan halus hingga menuju Pasrepan  dan Puspo , setelah melewati puspo ada cabang lagi yang ujungnya sama saja  jalanan akan bertemu di sentral parkir Wonokitri meski bisa memutar via Tosari (menuju kawah lanjut *sama dengan jalur ekstrim no 3)

2  jalur ekstrem  via Nongkojajar
Jalur ini merupakan jalur favorit para petualang! karena selain pemandangannya menakjubkan  jalur ini dipenuhi kelokan sangat tajam dan tanjakan ekstrim ,  sepi pula  #udah kayak the lost world aja  :mrgreen:
yang datang dari jalur selatan arah malang , maupun dari mojokerto/ surabaya , langsung saja cari pertigaan Purwodadi di jalan raya by pass Surabaya-malang (di pinggir jalan ada plakat besar “Wisata sun-rise bromo-tengger)  , namun dari plakat tersebut perjalanan masih 2,5 jam  😆  lanjut langsung saja menuju kecamatan Tutur lanjut wonosari-ngadirejo -Nongkojajar di track ini  tanjakannya sangat ekstra dan memperkosa kemampuan mesin hampir tanpa jeda nanjak-belok-nanjak lagi!  😈  namun terbayar dengan view yang aduhai di kanan kiri masih seperti hutan lebat, bahkan bunga Tulip maupun edelweis sudah dapat di temui  (bayangkan saja berapa ketinggiannya )  lanjut pertemuan dengan jalur tengah  yaitu di daerah Tosari dan sentral parkir perdesaan Villa Wonokitri .


 lanjut.  menuju kawah &  puncak Pananjakan view  terdapat sub parking lagi  tepat di bibir kawah kaldera tengger,  untuk mencapai puncak pananjakan (tempat hunting Sunrise terindah se Indonesia) bisa ditempuh dengan menanjak 6 km lagi , sedangkan jika mau turun  ke kawah melalui jalur tebing setinggi kira2  500 m – 700 m  dahulu jalanan membelah gunung & tebing ini aspal bagus, namun sekarang sudah mulai hancur dan terjal tanjakan dan down hill nya sangat ektrem , jika roda 4 memaksa turun harus dengan hardtop sewaan , namun jika dengan motor,  akan ada tantangan berat yang sungguh menakjubkan disini 😈
3. jalur via malang- Tumpang- lumajang
(will be update ……..  )

last, semoga mas bro yang melakukang touring ke acara ini bisa menikmati journey , beautyfull landscape serta sambutan hangat dari brother biker tuan rumah  keep safety berangkat selamat-pulang selamat!
lalu apakah WD juga akan menghadiri event tersebut?  (sebenernya sangat kangen sekali dengan east java)
#dikarenakan *****#%#%&$*  Tiiiiittt  prettt   :mrgreen:   :  dan jarak domisili WD dengan tempat diadakannya event  ada sekitar 1000 km serta waktu WD yg terbatas (ga ada fasilitas )    😆     , maka WD putuskan untuk memfasilitasi diri sendiri berkunjung ke Jatim & kopdar bersilaturahmi dengan Bloger-komentator jatim di kota wisata Batu & Malang sekitarnya  , seminggu setelah HBD  😎
so..  tunggu  petualangan Warung DOHC di bumi Timur  pekan depan!  🙂
#titip salam aja buat rekan2  Club yang menghadiri HBD
salam from warung DOHC_never_ending_horee_exploring!
Wassalamuálaykum 😉

53 Comments

  1. Sipp mz,klw soal touring/kloyongan ane paling demen,aplagi ktempat2 yg sejuk,rasany pngin sech ikutan,cz lum prnh kebromo,cuma gmn nntiny,lah mongtor sy cuma Honda tua,malu2in . . .

    • Bukan soal motornya… Tapi niatnya…. Motor bagus,jelek,tua,muda… Oke aja…
      Ane jga cuma punya megilama,udah buluk, tp mesin mantab…. Sayang… Musim ujan, n duitnya ga mau ikutan hehehehe

  2. @42101jo
    Hehe jg jd sami mawon,lah mzh mending mongtore punyak’E smpyan bro,cumn kita brhrp brdo’a smoga pr biker’z prgi maupn pulang selamat smpai tujuan…

  3. Pondok Pertanian Tajung “tosari”
    Dalam rangka Memperkenalkan ” Tengger-Bromo” dr segala aspek, dengan ini kami buka pondok pertanian tanjung-tosari unt umum, dng hanya membayar ‘sukarela’ (tanpa tarif)
    Pondok pertaniaan tanjung terletak di dukuh: Tanjung rt.03. rw.03.(KM 99) desa: Baledono. kec: Tosari. kab: Pasuruan Ja-Tim. (Km. 99. dari Surabaya)
    Akses menuju pondok pertanian tanjung: dari ‘Pasuruan’ ambil arah malang smp di ‘Warungdowo’ (-+ 7km) belok kiri smp ‘Ranggeh’ belok kanan menuju ‘Pasrepan’ >>> ‘Puspo’ >>> melewati hutan2 mahoni dan pinus smp dukuh ‘Jonggo” >>> melewati hutan pinus smp ketemu rumah pertama lansung belok kiri turun kebawah, ” Podok Pertanian Tanjung” terletak di sebelah kiri jalan dr pasuruan di Km.99 . Kurang lebih 7 km sebelum kec: Tosari.
    @.kamar los + 2 km mandi luar kapst: 8 s/d 16 orang, cukup memasukan dana “sukarela” ke kotak dana perawatan pondok pertanian. (tanpa tarif)
    @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 2 s/d 4 orang. Rp.150.000,- /malam
    *.fasilitas:.dapur,. kulkas,. ruang makan,. teras (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt 6 mobil,. kebun sayur.
    *.bisa masak sendiri dng menganti LPJ dsb..Rp.30.000,-
    * dimasakkan prasmanan Rp.20.000,- 1x.makan. ( nego)
    # untuk informasi hub per sms/tlp: 081249244733 – 085608326673 ( Elie – Sulis ) 081553258296 (Dudick). 0343-571144 (pondok pertanian).
    # Informasi di Facebook dengan nama : Bromo Tanjung Pondok Pertanian

1 Trackback / Pingback

  1. The Off roads and Roasted Corn alias mBolang | Touring, Adventure and Humanity

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*