Dilema YMKI untuk persiapan kelahiran Yamaha YZF R 15 v2.0 [ jika dilokal in ]

”  Apike njur piye yo ❓  ”  barangkali  itulah ungkapan petinggi  dan  team succes persalinan Yamaha R15 v 2.0 di  YMKI  saat  mempertimbangkan  opsi  kelahiran  motor  cantik  ini  di  indonesia  :mrgreen:
tak dapat dipungkiri,  dan YMKI pun saya kira tau  bahwa  banyak  pecinta  motor  menunggu dan mengharap  kelahiran  motor  ini  di  indonesia

gimana  enggak?  lha  body semlohay  asoyy geboy!  :mrgreen:  apalagi  buntut  nya  yang  nungging  itu,  baju  juga  lumayan  cantik , pembaharuan besar2  an  pada style dan tampilan  yang  semakin  racy look, yang  konon  di India bertujuan  untuk  menghambat  animo  konsumen kelas 150cc yang pengen naik kelas  melirik 250cc  karena  perbedaan  yang  ga  terlampau  jauh harganya …
mesin ❓  SOHC 150cc?  ,,……  konsuen  calon  di  indo  tak  terlalu  menghiraukan hal itu

sayang nya kondisi itu  berbeda jauh dengan di indonesia….. akan sangat menyita pemikiran  dari  principal  di  indonesia jika  hendak  berencana  me lokal kan si baby YZF ini  ,  …….. kenapa?
Ok, that’s true basicly engine  bisa dengan mudah aplicable  dari V-ixion  yang  dengan mudah  bisa diproduksi  di  indo, dengan upgrade berbagai sektor  seperti transmission  dsb..  yang  tentunya  tidaklah murah, tapi  accecories laen?  fairing-velg- swing arm- dan  detail part  laennya?
jangan sepelekan  meski  cuma  fairing  atau part  apalah  lainnya butuh  invest yang  sangat  besar untuk sebuah  moulding  /  cetakan baru,  swing arm  dll?   wahh  butuh  buka  line  up  lagi  kayaknya  ….
keputusan yang  sangat  bijak  bagi  YMKI  adalah  mendatangkannya  secara import CBU  atau  sejelek2 nya  CKD  dan  itu  berarti  akan membuat  pricing motor  ini  menjadi  mahal  setelah  pajak-bla bla bla  dan sebagainya khas menu wajib masuk indo  πŸ‘Ώ  mengingat finansial yamaha indo  tak  sekuat pabrik  sebelah seperti pembahasan Gus Triatmono

pun begitu dengan di produksi secara lokal,  akan butuh  invest  yang  sangat  besar bagi YMKI  yang tentunya menjadi prtimbangan  berat !  tengok  saja  v-ixion 20-21 jutaan di jadiin qobra version  jadi  23 jutaan , harga  bikin  fairing  dll  pahit2 nya  7  juta an speedo digital ,  belum swing arm -velg lebar-ban dll,  nah  bakal  jadi berapa tuhh??
artinya  apa ?   bukan tidak mungkin harga YF R15 mendekati angka 30 jutaan atau  bahkan  bisa beda-tipis  atau  malah  bisa lebih mahal dengan all new  CBR 150 CBU versi ahm
dengan begitu harga 33 juta al new CBR bisa kompetitif dengan  R15,  dan  AHM  main  aman jualan CBU,
lalu  jika  YMKI jor2 an  bisa  push cost production , bisa jual  murah dengan di lokalkan,   apakah AHM  akan  tinggal  diam ❓
#tentu  tidak!  mbohh  kira2  saja sendiri
last…..  semoga  YMKI  bisa nelurin  R15  di sini  dengan  low cost production   , dengan  begitu  konsumen bakal banyak diuntungkan,  karena  pasti  akan  muncul  variant baru  konpetitor  untuk  fight!  πŸ˜€

103 Comments

      • klo pun ahm melokalkan new cibie 150, mang mau turun harga??? ato dijadiin naked??? ane rasa penggemar CBR gak trima dijadikan naked…
        nah sebenernya YMKI yg unggul diposisi ini asalkan harga new R15 gk di atas 30juta…sekaligus menjaga loyalitas pengguna vixion krn spare part ny bs di kanibal…
        hnya itu saja mnurut ane…

      • gk “tombok” kok itu, terlalu besar kerugian ny…jd bener kata skyrider vixion itu harga skrg udah upping…nah itu sebab ny YMKI asalkan mau bisa kok harga new R15 di bawah 30 jutaan…wong anak vixion aja klo import brg R15 dikisaran 1-2juta (selain fairing)…itu kena pajak impor loh…brarti klo gk impor alias part di buat lokal jauh lebih murah…

      • aplicapble kok om aziz…xixixixixi suhu vhanz blg masuk plek-plek itu barang…wkwkwkwkwkwkwk…gk ad yg perlu di setting…main-main aja ke forum vixion golek thread2 dsana…
        *secara vixion mesin dasar ny R15, hnya di pangkas gigi 6 doank…

      • @virus, wah salah tangkap ente? Maksudku resetti machining buat pabrikan pencetak gear nya, tau ga siapa yg bikin tuh gear rasio? Bhahaha deket2 sini kok , nah bukan perkara murah lho bikin setting new produck untuk sebuah proses permesinan , butuh jig baru parameter baru, brand change dll ribet pokok nya :p

      • wahhh klo deket2 sini yg bikin berarti besar kemungkinan donk new R15 dilokalkan…coz ap yg menjadi dilema???
        *berarti emg ad arah melokalkan new R15 ya…hohohoho…makin moncer nih vixion krn tinggal nuggu part substitusi dr new R15 klo trnyata part ny buatan deket2 sini…

      • Kata siapa vixi cuma dipangkas girnya
        La wong durasi cam beda…ecu jg beda…meskipun drivetrain cuma turun dr 6 ke 5 speed
        Gk lucu ah 6 speed tp ko masi 14.88dk
        Naik jumlah gear tanpa menambah power cuma ngorek aksel dikit bgt…lihat aja tuh new mx…dr 4 ke 5 speed…trus karbu udah digedein jd venturi 25 tenaga jd 12.5dk nyatanya xuma naik tipis aksel menengahnya…itupun gigi 4-5nya tetep overdrive..top speed tetep memble..ujung2nya jg masi dibantai ama cs1 dan fu..
        Klo vixi cuma nambah gir tanpa nambah power ya nasibnya bisa sama njmx… πŸ˜€

      • melirik perkataan om aziz di atas, trnyata part ny buatan deket2 sini…inti ny kan klo di lokalin new R15 bagi pengguna vixion bs substitusi part…dan ini yg diharapkan…hmmm

  1. gampang..
    tinggal duplikat cetakan fairing dan buntut nya aja dari india sono..
    tinggal templokin di v-ixion
    tanki arm tetap punya v-ixion aja dan sesuaiin socknya
    gigi biarin gak pake numbuh 1 :mrgreen:
    harga bedain 2 atau 3 jt
    jnenge yzf r15 ir (indonesia raya ) πŸ™‚
    minerva aja laku…mosoook ra wani πŸ˜›

  2. Pilih temanya bagus gan..pokonya kl udah ngebahas ni motor warung pasti rame gan seru lah..
    Ane dukung supaya ni motor cpt ngaspal dimari tinggal dyon & eko mo ga ngrusinya kl ga ya rugi bangt…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*