Tentang iklan-iklan ini
Oleh: azizyhoree | Juli 27, 2012

Beruntunglah kita yang berpuasa di dekat Katulistiwa !


Yaps  mas bro  muslimin yang  menjalankan  ibadah  puasa di  daerah  dekat  katulistiwa atau  di  daerah  tropis  , sudah  semestinya  kita  harus  bersyukur  di beri kemudahan ,  pasalnya   pembagian  waktu  siang &  malam   di  daerah  seperti  di  indonesia  adalah  balance ….  jadi   waktu  malam &  waktu siang  hampir terbagi menjadi 2 secara imbang masing 2  12  jam  ,  akan  sangat  berbeda kondisiya dengan  negara negara yang  letak  geografisnya  jauh  dari  garis belahan bumi atau  katulistiwa …..   ada saat saat  tertentu  dimana  waktu siang-malamnya  tidak  balance secara  ekstrem

gambaran  jam  20:00 malam :arrow:

seperti saat  say berada di italy  kemarin   dimana  waktu  siang  lebih lama dibanding waktu malamnya ….  di bulan  juni-juli kemaren  adalah  transisi  musim  semi ke musim panas  ,  dan  juli agustus  saat puasa 1433  ini  di sana  sedang  musim  Panas  ,  bisa dibayangkan  betapa  menyengatnya  suhu  udara siang hari  disana  ,  padahal  kalau  malam-pagi  sangat  dingin

gambaran jam  20:30  malam  ,  langit masih  terang  :arrow:

bisa dibayangkan  muslim  di  daerah  eropa  harus  memulai  sahur  sangat  pagi ,  pasalnya jam  04:00  sudah adzan  subuh  sedangkan  berbuka  molor  hingga  3  jam ,  pasalnya  matahari terbenam  adalah  sekitar  jam  21:15  malam  ,   atau  waktu  mahribnya  jam  segitu  …..  dijamin  ekstra berjuang  menahan  lapar &  haus  lebih  lama …..    belum  lagi  setelah  lelah  beraktifitas , tidak bisa tidur malam  lebih  awal ,  masih  menunggu waktu  sholat  isya yag  jatuh  sekitar  jam  22:30  malam  ,  belum kalau  mau taraweh , tahajjud  dan  lain  lain  yang  pasti   aktifitas  malamnya  hanya  tersisa sedikit waktu  untuk  beristirahat

saya  juga sempat  merasakan  bagaimana  capeknya  kurang  tidur  malam  disana  ,   mana  udara  malam  dingin  pula…     ,   namun  alhamdulillah   Ramadhan  ini  saya  bisa  merasakan  Puasa  di  Tanah  air  yang  artinya  puasa kita  disini  normal  &  tidak  seberat  saudara saudara kita  yang  jauh  dari  katulistiwa  ..seperti  di eropa  &  amerika  atau  belahan  lain  yang  mendekati  kutub  bumi

suasana Sunset  jam  21:00-21-15 /  jam  9  malam    :arrow:

beryukurlah  kita  semestinya  sudah  diberi  kemudahan  menu makanan  nya  enak  pula  ,  di  Eropa  jarang lho menu yang  cocok  di  lidah  kita  :mrgreen: harus bersyukur  ……  ya  to ?  :)

salam from warung DOHC, selamat  menjalankan  ibadah  Puasa ….

Wassalamu’Alaykum  :wink:

 

Tentang iklan-iklan ini

Responses

  1. Alhamdulillah,..ajib :D

    • alhamdulillah tinggal 3 jam lagi :)

  2. Hauusss..

    • tahan tinggal 3 jam lagi mas e :P

  3. alhamdulillah 3 jam maning

  4. neng kono nek macet ono wong dodol akua ra yoh…??

    • nek ngamen di lampu merah ono yug , nek loper koran juga ada, tapi nek kua kua akua , cang bawang , ga ono ! :mrgreen:

  5. nang rusia luwih parah cak,
    mas ku 3 tahun nang kono , nek musim panas puasane nyaris 18 jam , dan suhu bisa minus 30 an . . .

    keep brotherhood,

    salam,

    • lhaiya semakin mendekati kutub utara mas :) semakin dingin & semakin aneh siklus matahari nya

  6. iya susah di eropa
    enggak ada nasi ketan.

    • jiahhhh nasi ketan jadi barang langka mas bro :lol:

  7. Mataharinya rajin sekali menerangi bumi :)

    • nek ga rajin yo bumi bakal kedingingan :mrgreen:

  8. kalau bukan bulan puasa ya ajib. . .
    Jadi jatah keliling italy nya lebih juos. . .

    • ya kayak aku kemaren mas e :P

  9. Lebih beruntung lagi di kutub selatan pas musim dingin,malem terus 6 bulan (sekarang nih)

    • bukannya ada cahaya matahari tapi tiap 1jam sekali mas e ? :)

  10. bener mas, malah di indonesia masih banyak yg ga berpuasa

    • hanya bisa bergumam hmmmmm :roll: belum diberi hidayah

  11. he he, tahun lalu saya puasa di estonia slm seminggu, imsyak jam 3 maghrib jam 9

    • wah berarti di estonia tahun lalu siklusnya mirip saat ini mas e ? :)

      • sahur pertama bingung mau makan apaan (breakfast hotel mulainya jam 6) jadi cuma minum kopi susu aja, hari berikutnya siapin mie instan, indomie lho ada juga di supermarket sana

  12. nah jelas kan, artinya kita harus rajin beribadah sebagai tanda syukur

  13. nah orang sana tidur jam brapa? siklus berdasarkan jam atau matahari?

    • biasanya ngikut matahari mas, jam 9 malam / setelah sunset, disana kota sudah mulai sepi aktifitasnya .. jarang ada lalu lintas yg ramai

  14. Berarti kita mesti bersyukur,
    sukurr,, sukurr,, puass,, puass,, lebokk sia,,, wkwkwk,,,

    • walah malah lebok sia barang :twisted:

  15. allhamdulilah dah buka puasa :mrgreen:

    http://kharis27.wordpress.com/2012/07/26/yzf-r15-bakalan-di-ekspor-ke-jepang/

    • pakai menu kolak mas e ? :)

      • bosen mas pake kolak hihi

  16. alhamdulillah
    . tanpa kick starter , kayak motor sport

    http://pertamax7.wordpress.com/2012/07/27/next-vixion-terlihat-tanpa-kick-starter-knalpot-mirip-r15-v2-headlampnya-mirip-new-scorpio-z-calon-klingon-kah/

  17. (sekarang) enakan puasa di New Zealand mas bro…
    subuh jam 6, magrib jam 5… adem… gak haus… gak keringetan…

    • alam selalu melakukan keseimbangan :)

  18. oo saya kira buka puasanya ngikut jamnya daerah katulistiwa, hehehe

    • ikut waktu sunset setempat mas e :P

  19. ya hanya bisa bergumam ..hmmmmmm :roll:

  20. mamamia

  21. tapi khan suhunya gak panas kayak di indonesia ya om?? mungkin lebih dingin hehehe

    • kalau pas musim panas siang hari nya menyengat mas, kelembapan udara rendah pula ….

  22. Buka puaza tadi pake ape,masbro??
    Pke onde-onde ye??
    Wkwkwkwkwkwkwk,..

    • pakai es melon mas e :mrgreen:

  23. Orang disana sudah beradaptasi,masbro

    • lhaiya, dihari2 biasa aja orang sono tidak 3 x sehari makan makanan berat…. kalau pagi roti, siang kadang salad pasta, baru maan berat sore menjelang malam

  24. lah kalo di kutub gimana maz bro???
    pergantian siang dan malamnya kan bisa 6 bulan sekali tuh, apa mesti puasa selama 6 bulan juga.
    tadi juga baru denger berita di TV kalo kawasan Eropa ikut jadwal imsak dan buka waktu Arab Saudi.
    sekedar info periode maksimum penyinaran matahari (waktu siang) di beberapa garis lintang :
    0 = 12 jam (khatulistiwa)
    17 = 13 jam
    41 = 15 jam
    49 = 16 jam
    63 = 20 jam
    66,5 = 24 jam
    67,5 = 1 bulan
    90 = 6 bulan (kutub)

    • walah mantab mas , aku malah ga bisa bayangin gimana di kutub :roll:

      thanks sharing nya :)

    • kalo gak salah pernah denger di tv, kutub kalo musim panas sama sekali gak ada malem, musim dingin sama sekali gak ada siang..

      cmiiw, gimana itu?

  25. Waduh, kalo matahari terbitnya jam berapa mas?

    • stgh 5 pagi udah mulai ada cahaya redup :)

  26. yah tp seenggak nya disana ga terlalu berat godaan emosi amarah nya om, gak kyk di jakarta sini tiap menit ada aja yg bikin kita naik darah turun gaji…. hehehe….

    btw photo2 nya muantap om…

    • kalau traffict mah di eropa tertib sangat mas bro :)

      itu foto masih belajar mas, Lensa juga masih standart kit :oops:

  27. Jadi kita masih untung donk … :D

    http://nofgipiston.wordpress.com/2012/07/27/penampakan-yang-diperkirakan-new-vixion-warna-putih-sedang-ditunggangi/

  28. busyett…begidik ane melihat langit masih terang,tapi jam menunjukkan pukul 20.00…

    • memang seperti itu fenomena disana mas bro :)

      • foto yang terakhir itu kyak pakai efek instagram bro.hahaha

      • itu foto tanpa edit mas bro… pakai lensa standart EOS 1100 D :P

  29. asemmmbbb
    lama amir :mrgreen:
    kalo aye mah jam 6 bakalan buka disonoh
    ngikutin waktu indonesia :mrgreen:

  30. di italy jarang ada orang yang beragama islam ternyata ini to penyebabnya

    • ada mas, tapi minoritas & perantauan :)

  31. alhamdulillah ya,esuatu.

  32. kita mesti banyak2 bersukur soalnya kita di beri waktu puasa yang berimbang,tp sayang msh byk jg yang tdk puasa smoga yg tau blog ini bisa menyadarinya …..

  33. bener, jgn suka ngiri sana pnya 4 musim, ad saljunya, dll..
    sawang si nawang

  34. kalo puasa disana bisa2 buka waktu dzuhur :D

  35. mangkanya sekolah di luar negeri kalo musim panas pada libur

  36. itu jam 9 apa jam 6 malem itu sunsetnya…:D
    btw di tempat ane jam 6 udah mulai gelap…

  37. jam 9 malam masih terang… :D
    kalo musim dingin jam 3-4 udah maghrib, jam 6-7 subuh


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 660 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: