Oleh: azizyhoree | Februari 23, 2012

Kisah 2 lembar Uang kertas yang bersaudara


Saya berfikir begitu mendalam setelah membaca dan menelaah , sebuah  alkisah perumpamaan dari  status FB salah seorang rekan WD  . dan saya rasa  perlu saya publish  setidaknya  untuk dokumentasi agar bisa selalu saya ingat.. seperti berikut  ini  :

Uang Rp.1000,-  dan Rp 100.000,-  sama2
terbuat dari kertas, sama2 dicetak dan
diedarkan oleh dan dari Bank Indonesia.
Pada saat bersamaan mereka keluar
dan berpisah dari Bank dan beredar di
masyarakat. Empat bulan kemudian
mereka bertemu lagi secara tidak sengaja
di dalam dompet seorang pemuda.
Kemudian di antara kedua uang tersebut
terjadilah percakapan, uang Rp.100.000
bertanya kepada uang Rp.1000,

“Kenapa
badan kamu begitu lusuh, kotor dan bau
amis…? “
Dijawablah oleh uang  Rp. 1000,

“Karena aku
begitu keluar dari Bank langsung
berada di tangan orang2 bawahan, dari
tukang becak, tukang sayur, penjual
ikan dan di tangan pengemis.”

Lalu Rp.1000 bertanya balik kepada
Rp.100.000, “Kenapa kamu kelihatan
begitu
baru, rapi dan masih bersih? “

Dijawab oleh Rp. 100.000, “Karena begitu
aku keluar dari Bank, langsung
disambut perempuan cantik dan
beredarnya pun di restauran mahal, di
mall
dan juga hotel2 berbintang serta
keberadaanku selalu dijaga dan jarang
keluar dari dompet.”

Lalu Rp.1000 bertanya lagi, “Pernahkah
engkau mampir di tempat ibadah? “
Dijawablah, “Belum pernah.”
Rp.1000. pun berkata lagi, “Ketahuilah
bahwa walaupun keadaanku seperti ini
adanya, setiap Jum’at aku selalu mampir
di Mesjid2, dan di tangan anak2
yatim, bahkan aku selalu bersyukur kepada
Tuhan. Aku tdk dipandang manusia
bukan karena sebuah nilai tapi karena
manfaat…”

Akhirnya menangislah uang Rp.100.000
karena merasa besar, hebat, tinggi tapi
tidak begitu bermanfaat selama ini.
Jadi bukan seberapa besar penghasilan
Anda, tapi seberapa bermanfaat
penghasilan Anda itu.

Karena kekayaan
bukanlah untuk kesombongan. Semoga
kita termsuk golongan orang- orang  yang selalu
mensyukuri Anugerah dan memberi
manfaat untuk semesta alam serta
dijauhkan dr sifat sombong.

#jlebbb   Amien Ya Robbal Aa lamien

very inspiring to me! 

kisah tersebut hanyalah  perumpamaan meski sangat mendekati  real apa  yang  dialami  keluarga  uang  kertas tersebut…… monggo  di  telaah  mumpung  deket sama hari jum’at   :wink:

monggo  di  share ,  salam from warung DOHC

Wassalamu’ alaykum

About these ads

Responses

  1. Hadiiiir…

    • ronda malem jum’at pak lurah :)

  2. Lekdhis banget… kecerdasan tanpa iman, kekayaan tanpa syukur, mubah kabeh…. lekdhis #lanjutkemulan

    • setuju lik Tri #lanjutkemulan.malemjumat=ibadah :mrgreen:

  3. Subhanallah….
    Keren om artikelnya…

    • matur thankyu mas #cuma copas aja :)

  4. keren pak haji

    • seko konco ku lik :wink:

  5. subhannallah, begitu dashat ceritanya…

    mantap…

    • alhamdulillah , hanya menyebar luaskan mas :)

  6. apik lek,

  7. Renungkan.. ;)
    http://javabiker.wordpress.com/2012/02/24/peraturan-tentang-knalpot-racing/

  8. mak..prinding…..ono pocong ning kuburan elor omah…xixixixi………

    • wahahahy ati2 pocong e ketuk jendelo :mrgreen:

  9. like this kang

    http://areeya2.wordpress.com/2012/02/24/inazuma-250-gw-250-with-fairing/

    • monggo thank like this nya :)

  10. subhanallah, persis wong saiki :)

    • iyo mas, smoga kita tidak termasuk :)

  11. kita semua harus bisa meresapi inti dr ceritanya,
    #makasih gan

  12. Diriwayatkan dari Jabir berkata,”Rasulullah saw bersabda,’Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

    #disiniyalir duit sing biru sengojo diremet2 disek sak durunge di poto :mrgreen:

    • ngaaanuuuu cak poer……. hmmmm mau bengi le go lek dudah dudah kardus :mrgreen:

  13. nancep banget..

  14. baru mo koment tu yang seribuan jadi korban sang fotografer (teksturnya masih kaku) :mrgreen:

    senada dengan kandungan hadits: tangan yg kasar karena kerja lebih disukai gusti Allah

    • mossssookk mas? #itu habis kejepit transmission :mrgreen:

  15. seribuan sekarang udah jarang kalee.. dua ribuan dong… :mrgreen:

    • iyaaa biar sesuai tema mbokde! :lol:

  16. itu artinya, jumat ni si sukarnohata harus mampir ke mesjid :D
    igustingurahrai jg boleh mampir :D

    masa patimura sama antasari terus . . .

    • hanya yg sedekah & yg diatas yg tau …. seberapapun iklash lah kata kunci nya :wink:

  17. Kasihan si uang 100 ribu, begitu dilahirkan langsung berstatus “uang yang kurang bermanfaat…” dan selamanya akan tetap begitu.

    • semoga semakin banyak & sadar yg merubah status si merah menjadi bermanfaat :)

  18. ijin share kang :D

  19. artikel filsafat ni
    laik dis yooo
    *korban iklan :mrgreen:

  20. :) nice artikel..filosofis.. :D

    nitip masbro..
    http://boerhunt.wordpress.com/2012/02/24/ktm-thanks-to-india-bajaj-this-is-something/

  21. like dis bro….. Keren banget perumpamaan nya…

    • thanks mas bro, #hanya menyuarakan kembali kok :)

  22. habis itu, sumbangan si masjid ga ada lagi yg seratus ribuan, tp 1000an semua. hehe. becanda.

    jadi inget sebuah hadist tentang sahabat nabi,
    nabi berkata :
    ” jangan kau hina/sakiti para sahabatku, sungguh jika seorang diantara kalian menyumbang satu gunung uhud emas atau dua gunung, tidak akan menyamai pahala segenggam gandum yg mereka sumbangkan”.

    dulu waktu ane masih jadi pengurus infak masjid, trus terjadi kenaikan BBM, berasa banget infak berkurang, dari biasanya dapet 500rb jd cm 200rban. si merah (100rb)dan si biru (50rb) yg mulus menghilang berubah jadi sikuning (5rb) ungu (10rb) dan hijau diatas (1rb). waktu itu sedih juga, tp teman mengingatkan yg penting mrk ikhlas ngasihnya.

    tp alhamdulillah skr dah membaik lg bisa sd 1jtan/minggu. n memang bener duit 100rb yg disumbangin jg lebih terawat mulus dibanding yg seribuan kucel.

    • like this mas bro….. kunci nya ada di iklash ….. pasti amal jariyah akan selalu berputar tiada henti hingga sang peng infaq wafat sekalipun :)

  23. Sumpeh! Dalem banged…

  24. Mantab…

  25. daleeem banget mase :(

  26. sesulit dan serendah apapun orang memandang hidup kita, harus kita syukuri karna belum tentu mereka yg hidup mewah bisa merasakan kebahagiaan dan kebebasan seperti apa yg kita rasakan………

    • setuju banget mas bro, kita harus menundukkan pandangan , tak selalu berandai memandang ke atas :)

  27. wahm,,iya,,terharu,,,, :(
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/02/24/ketemu-bang-haji-tmcblog-dan-kang-iwb/

    • whooa ipan nampang maneh karo wak haji :)

  28. Terima kasih udah mengingatkan banyak orang termasuk saya

    • sama sama mas, hanya menyebar luaskan kok :)

  29. [...] Blog Tetangga, sangat inspiratif Uang Rp.1000,-  dan Rp 100.000,-  sama2 terbuat dari kertas, sama2 dicetak [...]

  30. patut direnungkan !…izin copas masbro

  31. like this banget!! izin copas mas…

  32. apik tenant mas bray, skali2 ada artikel pencerahan

  33. Kesimpulannya kalo ngamal itu Rp1000 ya???

    • kesimpulan yang terlalu kurang mendalam

  34. jika pnya rejeki lebih, baiknya kita beramal walau nilainya tdk seberapa, yg pnting ikhlas

  35. Betapa kurangnya diri kita di hadapan Tuhan. Maka nikmat manalagi yang akan kita dustakan.Semoga kita termasuk orang yang pandai bertaubat.

  36. sangat menggugah dan menginspirasi bro

    http://steelindustry.wordpress.com

  37. waaaw …
    ceritanya inspiratif gan :D

  38. Asline nk sedekah ki akeh tp drg bs ikhlas sisan belajar opo iku ikhlas,opo sitik ikhlas tp r tau/pingin nambah sedekah..

    • balancing mawon mas, sesuai kemampuan, & kemauan hati :wink:

    • padahal kalo sudah tau DAHSYATnya manfaat & rahasia sedekah, “ke-ikhlas-an” pun bisa menjadi nomer sekian. :D

      “apa yang kau lempar ke ATAS pasti akan kembali ke BAWAH” (kalo ga nyangkut dulu)

      • cak poer pinter :D

  39. jleebbb.. juga..
    mantep tenan nek iki, matur tengkyu dab..

  40. dapatnya malah dari kaskus

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13280768

    • siph mas … ya aku dapet sebelum nya dari status rekan kerja ku :)

  41. trenyuh…

  42. jangan takut miskin karena sodaqoh

  43. Duitku satusewunan kabeh ki….
    .
    .
    *Duit satus karo sewu… :mrgreen:

    • di lem pake upo – nasi yo bu polwan? :mrgreen:

  44. ijin mbrambang mas, menyentuh skali…

  45. pencerahan yg bagus

    yg suka gratisan mampir disini

    http://uangDownload.com/39637

  46. Ijin nge-share Pak.. sangat bagus bwt nyadarin orang-orang..

  47. Good

  48. [...] Kisah yg satu ini benar-benar menginspirasi saya agar tidak menjadi orang yg serakah dan ingat untuk bersyukur from bang azis  [...]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 554 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: