About these ads
Oleh: azizyhoree | September 18, 2011

Parkir di alun2 Wonosobo , nyicipi ” Mie ongklok ” + dawet Banjarnegara


Yups beberapa kali singhggah  di  kota wonosobo , saya belum pernah sama sekali  mencicipi makanan khas  disana , untuk itu  kemarin saat perjalanan balik ke rantau saya sempatkan ambil jalur alternative & mampir lagi ke wonosobo , yups lumayan  sekalian rehat hunting kuliner di alun2 wonosobo yang sejuk itu

rasa penasaran pun segera terobati setelah  setang si Paijo  merapat ke alun2  dan menghampiri penjual Mie Ongklok sate keliling yang kebetulan mangkal, (xixixi  instinc” si Paijo yg kuat  sama makanan apa emang penunggangnya yang kelaperan ya? )  :mrgreen:

seperti apa sich penyajiannya ? , monggo  di intip :

pertama si penjual menakar mie yang akan dihidangkan ,  kemudian mie direbus ke dalam “dandang” sebuah tempat memasak dalam istilah jawa, yang bentuknya mirip guci terbuat dari kuningan , unik nya  pembuatan bumbu  diracik langsung  1 porsi 1 kali meracik  dengan di racik dengan cobek & munthu  (batu penggerus)  , makanya pas pesan ditanyain  mau  pedas  ga?  sesuai selera :)  setelah bahan2 diracik mie yang direbus segera di angkat  , uniknya lagi  tidak pakai alat modern namun  memakai anyaman bambu yang dibentuk mirip kerucut sebagai alat penyaring  :)

aroma sedap segera terendus ‘hmmmm  padet dan kental  dari baunya saja sudah terasa  ,  sementara  5 tusuk sate daging kambing yang 1 tusuk nya  lebih banyak  didominasi jeroan & gajih  (lemak )  :mrgreen: pun mulai  dipanggang dengan  bara arang  dibawah “dandang “yang dipakai untuk merebus mie tadi ,  yups  bumbu sambal kacang + kecap  segera dituang

 

 

mie ongklok-sate pun siap  dihidangkan  ,  pesan dari penjual nya  :arrow:   “segera diaduk mas biar bumbu nya merata selagi masih anget  :)

nah impresi nya ,  unik, hangat nikmat  dan  gurih2 kental  gitu  :mrgreen:   baru  kali ini saya menikmati mie dengan  kuah  namun  kental ditaburi bumbu kacang dan kuah kental seperti saus mayones  he he he  aneh  tapi enak  :P

 

 

sengaja memilih kuliner  pinggir  jalan  (bukan  di tempat warung tetap)  soalnya  pengen  menikmati suasana alun2 kota yang sejuk  cukup  membuat fresh  dan menghilangkan penat setelah perjalanan ,  oiya  mie ongklok sate di alun2 tersebut bisa di tebus cukup sediakan kocek Rp 8.000,-   cukup murah  kan?    ,  minumnya  es dawet khas banjar negara yang kental dengan manis dengan  gula  jawa “aren”  asli  cukup sediakan Rp 3.500 untuk menebus nya .

 kuliner nikmat kocek pas di kantong  bonus swsana-zeger  disekitar alun2  ( kere horee banget ! )  :mrgreen:

monggo di share , silahkan ngiler , selamat berlibur :mrgreen:

salam from warung DOHC never ending horee exploring!

Wassalamu álaykum

About these ads

Responses

  1. Wuenaak

  2. hu hu hu hu hu merinding nangis nich nangis nich ……..itu kampung halamanku masbro…. dagh 2 tahun g pulkam…..

    • wooohhh #mesak ke tenan , sory mas bro #mengingatkan! :mrgreen:

  3. g pa2 mas bro buat motifasi kerja keras biar bisa pulkam….aamiin

    • amien, smoga lebaran tahun depan bisa takbiran di wonosobo mas :wink:

  4. pengen… marai ngeleh mas… kirim rene iso ra? piro biayane? hehe..

    • wani piro? , via cargo apa? :lol:

  5. nyesel wingi ora mampir -____-

    • K.A.P.O.K! :mrgreen:

      padahal enak + murah bonus cuci mata pud! :mrgreen:

  6. itu yg di foto lagi nunduk pasti nyesel datang belakangan, cause mie nya udah di habisin paijo ma bos nya

    • jangan lihat foto paling nawah ! # ada penampakan :evil:

  7. aamiin ya Robb…..tapi klo kangen ama mie ongklok tinggal kedpn rumah ada yg jualan he he he….. lippo cikarang….ha ha ha kota terlengkap ditimur jakarta katanya

    • woohhh lippo emang banyak penjual kuliner jawa mas, #aku yo pernah kesono sama si kecil :P

      • he he he…… he eh la wong isinya wong njowo kuaaabeh….btw yen neng wonosobo opo neng cikarang maen ke gubuk saya ya mas bro

      • ok 2 mas besok kalo ada waktu longgar # make a concact :wink:

  8. wagh.. si paijo pakai silincer new FU ya? kenapa bagian ujung gak dipasang skalian bro? promosi kah? :mrgreen:

    • itu kan baru aja aku pasang pas sehari sebelum mudik , dan aku dapet moncong nya setelah balik karawang belum lama ini :mrgreen: #muffler FU , pake moncong aja anehh, apalagi tanpa moncong * jelek banget! xixixixi :mrgreen:

  9. nanti kalo kesini coba gehu pedas khas cibaduyut mas.. :D

    • siapp 86 #asal enak & murahh # wareg :mrgreen:

  10. enak ketoke…

    • enak , mas * lha itu kata mas inue satrio di lippo cikarang ada, monggo dicoba :P

  11. kumbokarno detected … :mrgreen:

    • mossssookkk ? :mrgreen:

  12. like mie Ongklok………..aq juga barusan dari wonosobo……….

    • iya dari plat H 4444 N nya kelihatan kalo semarangan pasti pernah mampir wonosobo :P

      • wah tahu aja nih…………aq demak e pak dhe…………xixixixixixiix mie ongklok yang deket masjid lebih enak………..

      • lha ini posisi parkir ku didepan masjid :) , salam kenal mas #jabat erat

  13. walah,tunggangannya CBR 150,BBM Pertamax (maybe),makan d PKL.heheheheh gak mbois blas.

    peace broo..hahaha

    • aghihihihii wallah biasa aja mas ! , andaikata punya ducati evo 848 pun kalau mood saya lagi pengen jajanan pinggir jalan , minggir ya minggir aja ke PKL kenapa harus gengsi? berhubung punya e mini CBR yo disyukuri ae :mrgreen:

      kalau cuma nyicipin sandwich – capuccino di JW marriot aku yo wis tau kok! :mrgreen:

  14. sayangnya dl wkt ke wonosobo aku belum tau soal mie ingklok ini. jadinya gak beli :(

    • makanya tiap kali bersinggah ke kota yang belum pernah dikunjungi , cari info kuliner dulu mas :P

  15. Wah bikin ngiler aja boleh donk bungkusin satu..

    • wani piro mas bro??? :mrgreen:

  16. Salam kenal masbro,
    Jd pengen pulkam lg nih, pdhl br kmaren lebaran pulkam tp cm 2 hr gak smpt bwt jln2.

    • salam kenal mas bro , senang bisa jelajah di kota sampean yang sejuk :)

  17. mana penampakan UG ala wonosobo?

    • ayu ayu pancen e pak :mrgreen:

      kui gambar paling bawah ono, tapi ojo di tonton ! :twisted:

    • berpelukan :mrgreen:

  18. keliatannya enaakk
    *kirimin via sms dong :D *

    • pinjam [pintu kemana saja ) dorngaemon mode :mrgreen:

  19. :hmm:
    ga boleh tuh kirim via tiki ya mas…
    yg lengkap pokoke…
    pedes…
    jngan kbnyakan garem n 1 pake mangkok abang’a juga… :mrgreen:

    • kirim via cargo ga boleh ada cairan tik!

  20. [...] : yo ben  mbak  suka suka #sing jingle MIO  !     pokonya  dari sini  mau  ke     wonosobo  lewat  [...]

  21. alun-alun e beda sama di jogja oom, disini sejuk.
    banyak pohon gede :razz:

    saya juga pernah kesitu :mrgreen:
    http://varioputiih.wordpress.com/2011/09/10/ke-dieng-yuk/

    • iyo om, di wonosobo emang suejuk :P

  22. insya allah lebaran taun depan nyoba ah, kalo kemarin lhg ngidam sama soto sokaraja pake daging sapi, sayang lupa di jepret buat artikelwisata kuliner…

    • soto sokaraja pas saur kemarin pernah nyicipi # tapi posisi beli di ajibarang…. #mbohh masih itungan soto mana? :lol:

  23. insya allah lebaran taun depan nyoba ah, kalo kemarin lg ngidam sama soto sokaraja pake daging sapi, sayang lupa di jepret buat artikelwisata kuliner…

  24. Ngiler euy
    http://aiiefz.wordpress.com/2011/09/18/aragonperjuangan-rider-italia/

    • siapin ember buat nadahin :mrgreen:

  25. NETBOOKE anyarr, merke Asus eepc
    *** ra ngaku kamplengisisan :mrgreen:

    • bedo karo nggone sampean #nggonku dualcore N570, nggone sampean kan Eepc V1.0, nggonku kan V2.0 #tur ora damuk ojob yen di jual #nyindir :mrgreen:

  26. awas laptop e kecipratan dawet :mrgreen:

  27. 8.00 sak satene ziz?

    • iyo udah complete included content #sate ne 5 :mrgreen:

  28. wahhhhh knapaaaaaaaaagk ke dieng……………..

    • kapan kapan bro kalo ada waktu lagi :P

  29. di jogja juga ada bro.., cekidot

    http://rifqi.blog.ugm.ac.id/2011/05/30/berburu-mie-ongkok-di-jogja/

    • weww mantebbb ! nice inpo #soale aku dah ninggali jogja 4 tahun yg lalu mas , sebagian udah rada pangling ketinggalan update jajanan nya :P

  30. kayaknya enak tuh ya mas…sluuurrpp…

  31. Knalpotnya pake punya FU ya?
    Btw aku belum pernah makan mie ongklok, pingin… :(

    • iyo mas FU :P , #mie ongklok enak lho :mrgreen:

      • Nyubi mas..salam kenal..nek q asli mbanjarnegara,sing duwe dawet ayu..hehe

      • @mas bro Manz salam kenal juga mas, dawet e seko kota ne sampean enak banget :mrgreen:

  32. [...] membandingkan pengalaman Azizy dan juga Pak Guru Andhi Suranto, tampak menggiurkan dan murah. Namun yang ini kok beda, baik rasa, [...]

    • assseekkk :mrgreen: #comparasi to iki? :twisted:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 623 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: